Scroll untuk baca artikel
DaerahNews

Banjir Rendam 92 Rumah Warga di Kapuas Hulu

171
×

Banjir Rendam 92 Rumah Warga di Kapuas Hulu

Sebarkan artikel ini
Banjir Rendam 92 Rumah Warga di Kapuas Hulu
Banjir Rendam 92 Rumah Warga di Kapuas Hulu

KAPUAS HULU, KALBAR SATU – Setidaknya sebanyak 92 rumah warga Desa Landau Kumpang Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu saat ini sudah terendam banjir.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan.

Advertiser
Banner Ads

“Laporan yang kami terima ada tiga kecamatan yang dilanda banjir, bahkan 92 rumah warga Landau Kumpang sudah tergenang air,” kata Gunawan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat 11 Februari 2022.

Akibat banjir tersebut, Kaga Gunawan, sekitar 294 jiwa warga di Desa Landau Kumpang terdampak banjir.

Baca Juga: Evakuasi Korban Banjir di Kelurahan Pasiran Singkawang

Banjir yang terjadi, menurutnya, karena curah hujan yang cukup tinggi merendam sejumlah desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Silat Hilir, Silat Hulu dan Kecamatan Hulu Gurung.

Disebutkan Gunawan di Kecamatan Silat Hilir banjir merendam Desa Rumbih dan Desa Semeluang, di Kecamatan Silat Hulu banjir merendam Desa Nanga Luan, Landau Rantau, Entebi, Dangkan Kota, Nanga Ngeri, Nanga Lungu dan Desa Landau Badai, sedangkan di Kecamatan Hulu Gurung banjir merendam Desa Landau Kumpang, Sejahtera Mandiri dan Desa Nanga Tepuai. 

“Banjir terjadi sejak Jumat (11/2) pagi tadi, mengakibatkan ruas jalan nasional sempat terputus,” kata Gunawan.

Gunawan menyebutkan, masyarakat terdampak banjir terutama di Desa Landau Kumpang Kecamatan Hulu Gurung memerlukan tempat pengungsian, pangan dan sandang serta air bersih dan obat-obatan serta tenaga kesehatan.

Baca Juga: Ramalan Shio Selasa 11 Januari 2022: di Banjiri Rejeki, Ini Syaratnya

“Sampai saat ini curah hujan cukup tinggi yang berpotensi banjir meluas dan banjir susulan di sejumlah wilayah Kapuas Hulu,” jelasnya.

Gunawan juga mengimbau masyarakat Kapuas Hulu untuk mewaspadai bencana banjir, kepada camat dan kepala desa diminta untuk selalu melaporkan perkembangan bencana yang terjadi.#
 

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita