Dukung Program Swasembada Pangan, Maria Lestari Serap Aspirasi di Kubu Raya

  • Whatsapp
Komisi IV Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat I, Maria Lestari adakan reses (kunjungan kerja) di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Selasa (28/7/2020) pagi.
Komisi IV Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat I, Maria Lestari adakan reses (kunjungan kerja) di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Selasa (28/7/2020) pagi.

KALBARSATU.ID – Komisi IV Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat I, Maria Lestari adakan reses (kunjungan kerja) di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Selasa (28/7/2020) pagi.

Didampingi Ketua PAC PDI Perjuangan Sungai Raya, Paulus, Maria Lestari berdiskusi dengan 40 Kelompok Tani se Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Ditemui usai usai reses, Maria Lestari berujar bahwa Reses ini dilakukan untuk menyerap aspirasi kelompok tani di dapilnya.

Bacaan Lainnya

“Pada pagi ini kami berkumpul dengan 40 Kelompok tani se Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Kami berdiskusi dengan poktan. Poktan sendiri sudah menyampaikan aspirasinya. Salah satu keinginan mereka memiliki alat pertanian,” ujarnya kepada awak media.

Maria Lestari berharap kunjungannya itu bisa membantu para petani yang ada Kabupaten Kubu Raya. Sebab disampaikannya bahwa saat ini dirinya berada di Komisi IV DPR RI yang membidangi, pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan serta kelautan.

“Mudahan-mudahan saya dari komisi IV DPR RI fraksi PDIP bisa membantu para petani untuk mengembangkan usaha pertanian di Kubu Raya khususnya di Kalimantan barat,” imbuhnya.

Selain itu dirinya juga menyampaikan komitmenya kepada dalam mendukung program swasembada pangan pemerintah pusat, makanya ia berharap masyarakat khususnya petani bisa mengembangkan program tersebut, apalagi di musim pandemi ini diharapkannya petani bisa memulihkan perekonomian negara melalui pertanian.

“Petani jangan takut tidak memiliki pekerjaan, karena kami sangat mendukung swasembada pangan dan pemerintah pusat juga punya program swasembada. Dan dengan adanya swasembada pengan ini sangat membantu petani untuk untuk mengembangkan pertanian terlebih lagi di Kubu Raya khususnya Kalimantan Barat,” tuturnya.

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan itu juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2020 dirinya tengah mengusulkan bantuan Alsintan (Alat dan mesin pertanian) untuk para petani. Alsintan itu berupa pompa air, hansprayer, cultivator, dan motor 3 roda.

Adapun jenis alat-alat pertanian yang diusulkan seperti combine harvester besar, combine harvester sedang, combine harvester kecil, combine harvester multi, power thresher, corn sheller, power thresher multiguna, corn sheller mobile, dan power thresher multiguna mobele.

“Mudahan-mudahan ini (Alsintan) bisa membantu poktan-poktan di Kubu Raya khususnya dalam mengembangkan pertaniannya. Bantuan kami ini juga menyebar di sembilan kabupaten di Kalimantan Barat,” katanya.

Oleh karenanya, dia juga berharap dukungan dan doa masyarakat Kalimantan Barat, agar selama menjalankan tugasnya di Komisi IV DPR RI bisa benar-benar membantu masyarakat seperi petani, peternak, pelaut dan perkebunan.

Di tempat yang sama Ketua Poktan Agro Sejahtera yang juga Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Sungai Raya, Paulus mewakili poktan yang lain menyampaikan terima kasih kepada Maria Lestari sebagai anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang telah memperjuangkan para petani.

“Karena aspirasi petani di Kubu Raya ini kurang terserap di APBD Kabupaten dan APBD Provinsi, jadi dengan adanya program Ibu Maria Lestari, kami dari petani merasa terbantu khususnya di tahun ini,” kartaya.(Zub)

Pos terkait

Gerindra Kalbar