Fenomena Langka, Air Sungai Pinoh di Melawi Menyusut, Jadi Wisata Dadakan

  • Whatsapp
Fenomena Langka, Air Sungai Pinoh di Melawi Menyusut, Jadi Wisata Dadakan
Tampak Air Sungai Pinoh di Kabupaten Melawi, yang menyusut drastis hampir satu minggu jadi objek wisata dadakan

Fenomena Langka, Air Sungai Pinoh di Melawi Menyusut, Jadi Wisata Dadakan

MELAWI, KALBARSATU.ID – Kemarau panjang yang terjadi di beberapa wilayah Kalbar tidak hanya mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Namun juga menampakan fenomena langka dengan menyusutnya air di sungai Pinoh Kabupaten Melawi.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Melawinews.com, Air Sungai Pinoh di Kabupaten Melawi, yang menyusut drastis hampir satu minggu jadi objek wisata dadakan.

Di beberapa titik, seperti di kawasan Jembatan Melawi 1 Kota Nanga Pinoh, aliran air kian menampakkan hamparan pasir di bagian dasar sungai tersebut.

Warga pun memanfaatkan peristiwa itu sebagai lokasi wisata dadakan untuk bersantai. Sebagian dari mereka membawa anak-anaknya untuk berenang ditepian kawasan hamparan pasir putih.

Selain itu juga dimanfaatkan sejumlah remaja menjadi tempat bermain saat sore hari, diantaranya bermain sepak bola dan volli. Warga juga ramai-ramai turun ke dasar sungai yang kering sambil mengabadikan momen dengan berselfi ria.

Tak hanya itu, sejumlah warga sekitar juga memanfaatkan berkah wisata dadakan itu untuk berjualan aneka makanan dan minuman ringan.

Salah satu warga yang mengais rezeki di balik keringnya Sungai Pinoh tersebut, Nurmayanti, dengan membuka warung berjualan makanan dan minuman ringan, seperti aneka es, sosis dan sate ayam serta berbagai jenis kue.

Dikatakan, sejak pukul 15.00 WIB hingga menjelang Sholat Maghrib, ia menyajikan dagangannya di atas meja kayu.

“Lumayan laris. Hasil penjualan dari makanan dan minuman ringan itu bisa dibilang cukup. Lumayan bisa buat menambah uang belanja, dan jajan anak-anak,” papar ibu dua anak biasa disapa Not itu, Rabu sore (24/2), kepada MelawiNews.Com.

Ditambahkan, keringnya Sungai Pinoh dan sungai lainnya di Kabupaten Melawi bukanlah terjadi pada tahun ini saja. Namun, setiap tahun mengalami kekeringan seperti ini di kala musim kemarau panjang.#

Pos terkait

Tinggalkan Balasan