Kerusakan Bangunan Jogging Track pada Bangunan Penahan Gelombang di Sambas Tidak Mengurangi Fungsi dari Bangunan

  • Whatsapp
Proyek Abrasi Pantai di Sambas
Tampak proyek abrasi pantai di Sambas sedang proses perbaikan,- FOTO/ist.

PONTIANAK, KALBARSATU.ID – Kepala SNVT-PJSA WS, Kapuas, WS Jelai-Kendawangan Provinsi Kalimantan Barat, Wardani, ST menyampaikan, terkait pekerjaan Proyek pengaman pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) itu kerusakan bangunan Jogging Track pada bangunan penahan gelombang tidak mengurangi fungsi dari bangunan.

“Kerusakan bangunan Jogging Track pada bangunan penahan gelombang di Sambas tidak mengurangi fungsi dari bangunan” kata Wardani saat dihubungi oleh kalbarsatu.id. Selasa, 16 Februari 2021.

Bacaan Lainnya

Ia juga menegaskan, bawah penyedia jasa saat ini sedang melaksanakan perbaikan kerusakan terhadap pengaman pantai yang diakibatkan oleh terjadinya gelombang pasang air laut yang ekstrim pada pertengahan hingga akhir Januari 2021.

Sehingga air laut melimpas dan melampaui bangunan pengaman pantai.

“Naiknya air laut hingga ke bangunan pengaman pantai menyebabkan timbunan di belakang bangunan menjadi turun, mengakibatkan jogging track rusak,” ujarnya.

“Dan penyedia jasa saat ini sedang melaksanakan perbaikan kerusakan,” tambah Wardani.

Ada lima poin penting yang disampaikan oleh Wardani terkait klarifikasi pengaman pantai itu, diantaranya adalah sebagai berikut;

Pertama, Terjadi gelombang pasang air laut yang ekstrim pada pertengahan hingga akhir Januari 2021, sehingga air laut melimpas dan melampaui bangunan pengaman pantai.

“Naiknya air laut hingga ke bangunan pengaman pantai menyebabkan timbunan dibelakang bangunan menjadi turun, mengakibatkan jogging track rusak,” ujarnya.

Kedua, dijelaskannya, bahwa Item Pekerjaan Jogging Track adalah sebagai fasilitas pejalan kaki, bukan merupakan konstruksi utama sehingga kerusakan ini tidak mengurangi fungsi dari bangunan pengaman pantai.

Ketiga, Pekerjaan Pembangunan Pengaman Pantai Kabupaten Sambas di kecamatan Paloh saat ini dalam masa pemeliharaan sehingga masih menjadi tanggung jawab Penyedia Jasa.

Keempat, Pihaknya pun sudah memerintahkan kepada Penyedia Jasa untuk melakukan perbaikan kerusakan.

Kelima, ia mengungkapkan bahwa Penyedia Jasa saat ini sedang melaksanakan perbaikan kerusakan.#

Pos terkait

Tinggalkan Balasan