Scroll untuk baca artikel
Daerah

Niken Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Penghijauan di Singkawang

156
×

Niken Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Penghijauan di Singkawang

Sebarkan artikel ini
Niken Tia Tantina PDI Perjuangan
Niken Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Penghijauan di Singkawang,- FOTO/istimewa.

KALBAR SATU ID, SINGKAWANG – Anggota DPRD Kalimantan Barat Niken Tia Tantina menggelar pelatihan jurnalistik di Kota Singkawang, Senin (13/02/2023). Pelatihan yang diadakan legislator PDI Perjuangan itu turut dirangkaikan dengan penghijauan.

Puluhan santri dan anak muda dari berbagai organisasi dan komunitas diundang dalam agenda tersebut. Diadakan di Rumah Pendidikan Santri Al Faqih, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, pelatihan jurnalistik itu menghadirkan jurnalis senior yang juga Ketua Dewan Pengawas Society of Indonesian Environtmental Journalists (SIEJ) Andi Fachrizal sebagai narasumber.

Advertiser
Banner Ads

Niken menuturkan, pelatihan jurnalistik ini merupakan hal penting, terutama bagi anak muda yang berminat untuk berkarier di bidang media atau sebagai penulis lepas. Melalui pelatihan ini, Niken berharap anak-anak muda dapat menyusun narasi pemberitaan yang berkualitas dan berlandaskan fakta.

“Ilmu yang kalian yang peroleh hari ini akan sangat bermanfaat dan dapat menunjang kalian yang tertarik berkarier sebagai jurnalis. Sehingga nantinya, yang kalian tuliskan itu adalah produk jurnalistik yang berkualitas dan betul-betul sesuai dengan fakta sebenarnya. Yang jauh lebih penting lagi ialah bagaimana menghasilkan tulisan yang membawa perubahan karena itulah sebaik-baiknya tulisan,” ujarnya.

Sementara itu, Andi Fachrizal dalam paparannya menyampaikan tentang sejumlah hal antara lain tentang teknik menulis berita, bagaimana menentukan angle, moralitas yang semestinya menjadi tumpuan bagi setiap jurnalis dalam menjalankan tugasnya, serta kaidah-kaidah jurnalistik lainnya.

Dalam materinya, jurnalis yang akrab disapa Daeng Rizal itu juga mengingatkan para peserta yang memiliki ketertarikan berkecimpung di dunia jurnalisme untuk menjadikan Kode Etik Jurnalistik sebagai panduan agar setiap berita yang dihasilkan senantiasa akurat, berimbang, dan independen.

“Jurnalistik itu bertumpu pada moral atau etik. Sesuatu yang ditulis harus berdasarkan fakta dan memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik. Kecerdasan seorang jurnalis itu terletak pada bagaimana menentukan sudut pandang atau angle. Sudut pandanglah yang menciptakan sebuah jalan menelusuri lorong fakta,” imbuhnya.

Pelatihan jurnalistik dan gerakan penghijauan ini digelar Niken dengan melibatkan komunitas pencinta lingkungan PA Paralesta. Turut terlibat pula media daring Kolase.id dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
https://gemoy22.smkn1cianjur.sch.id/ https://gemoy22.kdsa.co.id/ https://gemoy22.smk4palembang.sch.id/ scatter hitam