PMII KKR Minta Libatkan Masyarakat Dalam Tanggulangi Karhutla

  • Whatsapp
PMII KKR Minta Libatkan Masyarakat Dalam Menanggulangi Karhutla
Ketua PMII Kubu Raya, Ismail

PMII KKR Minta Libatkan Masyarakat Dalam Menanggulangi Karhutla

KUBU RAYA, KALBARSATU.ID — Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas I Supadio sebanyak 741 titik hotspot terpantau per tanggal 27 Februari 2021.

Bacaan Lainnya

Dari data tersebut Kab. Kubu Raya terpantau paling banyak titik hotspot yaitu 504 disusul Kab. Mempawah 63 dan Pontianak 53 titip panas.

Menaggapi hal tersebut Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kubu Raya, menilai perlunya keterlibatkan masyarakat dalam menanggulangi Karhutla.

Ketua PMII Kabupaten Kubu Raya Ismail mengatakan bahwa Karhutla adalah masalah lama yang tidak kunjung selesai permasalahanya.

“Sistemnya adalah melibatkan perangkat daerah dari level bawah sampai atas, misal dari tingkat RT/RW sampai ke atas, agar sinergi dapat terbangun untuk mencegah Karhutla ini,” ujar Ismail.

“Kejadian 2019 lalu tidak bisa dijadikan pelajaran bahkan tidak menutup kemungkinan tahun ini lebih parah,” ujarnya”

“Pemprov Kalbar per tanggal 25 Februari kemaren sudah mengumumkan satatus siaga darurat Karhutla, saya juga berharap langkah ini juga diambil oleh Pemkab KKR, mengingat KKR adalah lokasi titik hotspot terbanyak,” tambah Ismail.

Disisi lain Ismail juga mengapresiasi pihak yang berwenang yang telah bahu-membahu melakukan pencegahan kebakaran lahan di KKR.

“Saya berharap masalah ini segera ada solusi konkrit yang diambil oleh Pemkab KKR sehingga tidak sampai berimbas ke perekonomian kita, misal jalur penerbangan bisa saja tidak beroperasi karena banyaknya asap, belom lagi pandemi Covid-19 yang belum selesai, jangan sampai udah jatuh malah ketimpa tangga pula.” tutup Ismail.

Berikut adalah data wilayah rawan Karhutla di KKR:

Kec. Sei Raya :
Desa Limbung
Desa Kuala Dua
Desa Sei Raya Dalam

Kec. Sei Kakap :
Desa Punggur Besar
Desa Punggur Kecil

Kec. Rasau Jaya :
Desa Pematang Tujuh
Desa Rasau Jaya 2
Desa Rasau Jaya Umum

Kec. Kubu :
Desa Jangkang Dua
Desa Kampung Baru

Kec. Kuala Mandor B :
Desa Kubu Padi
Desa Sei Enau

Kec. Ambawang :
Desa Sungai Malaya
Desa Teluk Bakung
Desa Mega Timur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan