Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
DaerahNews

Polres Sanggau Adakan Pembekalan Materi untuk Pengamanan Pilkades Serentak 2022

77
×

Polres Sanggau Adakan Pembekalan Materi untuk Pengamanan Pilkades Serentak 2022

Sebarkan artikel ini
Polres Sanggau Adakan Pembekalan Materi untuk Pengamanan Pilkades Serentak 2022
Dok. Polres Sanggau

SANGGAU, KALBAR SATU – Polres Sanggau menggelar pembekalan materi dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 wilalayah hukum Polres Sanggau, di Aula Wira Peratama Polres Sanggau,  Selasa 17 Mei 2022 pagi.

Adapun pembekalan dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K., dan dihadiri Kepala Dinas DPM Pemdes Kabupaten Sanggau Alian, ST., Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Apberti Kombo, S.I.K., M.A.P, PJU Polres Sanggau, Para Kapolsek Jajaran serta Perwira Staf, Anggota Polres Sanggau dan Polsek Jajaran yang terlibat Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022.

Advertiser
Banner Ads

Dikatakan Kapolres Sanggau pelaksanaan kegiatan pembekalan materi dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada personil terkait mekanisme dan tata cara Pengamanan Pilkades serentak Tahun 2022 di wilkum Polres Sanggau.

Baca juga: Hari Jadi Ke-406 Sanggau, Lasarus Ingatkan Gotong Royong Bangun Daerah

Baca juga: Polres Sanggau Amankan Wanita Diduga Pengedar Narkoba

“Saya mengimbau kepada seluruh Personel Polres Sanggau agar menjaga netralitas selama berlangsung pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Sanggau,” katanya.

Diingatkan Ade Kuncoro Ridwan, kepada Personel juga harus melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran pindana dalam Pilkades, agar masyarakat dapat memilih sesuai hak pilihnya.

“Kapada petugas pengamanan agar menyiapkan mental serta fisik yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutup Kapolres.

Kabagops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung juga nenyampaikan Tugas pokok pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 Polres Sanggau, tahapan pelaksanaan pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 Polres Sanggau.

Adapun Dukungan Anggaran pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 Polres Sanggau, Data TPS dan Penempatan Personel pengamanan TPS Pilkades serentak tahun 2022, Kekuatan Pengamanan yang Dilibatkan Selama Tahapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 Sebanyak 348 Personel serta Struktur Organisasi, Penjabaran Tugas Pengamanan dan Permasalahan yang dapat menghambat Pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Kabupaten Sanggau.

Kabagops berpesan kepada anggota yang melaksanakan pengamanan agar saat pemungutan dan penghitungan suara yang boleh berada dalam lokasi TPS ialah PPS (Panitia Pemungutan Suara), Panitia Pengawas Pemilihan, saksi dari Cakades dan pemilih (masyarakat yang telah dipanggil pada waktu pemungutan suara).

D kesempatan yang sama, Kepala Dinas DPM Pemdes mengatakan bahwa Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sanggau diikuti 23 Desa dari 10 kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Alian menyampaikan bahwa 4 Tahapan Pemilihan Kepala Desa yaitu Persiapan, Pencalonan, Pemungutan Suara dan Penetapan sesuai dengan Perbub No 4 Tahun 2016 Pasal 16 s/d 20 dan Perbub 45 Tahun 2018 Pasal 18 dan 20 serta menyampaikan tahapan pelaksanaan kegiatan Pilkades Tahap II Gelombang I Tahun 2022 di Kabupaten Sanggau.

“Sesuai dengan Peraturan Bupati Sanggau Nomor 45 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pasal 9 huruf c) menetapkan waktu pelaksanaan pemungutan suara di TPS dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Serta Persiapan Penutupan Pemungutan Suara, Perhitungan Suara, Pembagian tugas KPPS dalam perhitungan suara, Langkah-langkah PPKD Dalam Sidang Pleno dan Penyelesaian perselisihan pemilihan Kepala Desa (Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemerintah Desa Pasal 79),” ucapnya.

Pembekalan materi Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022 Diwilkum Polres Sanggau dalam rangka kesiapan pengamanan Polres Sanggau guna menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Sanggau yang aman dan damai.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita