DaerahNews

Rumah Betang di Kecamatan Menukung Melawi Terbakar

118
×

Rumah Betang di Kecamatan Menukung Melawi Terbakar

Sebarkan artikel ini
Rumah Betang di Kecamatan Menukung Melawi Terbakar
Rumah Betang di Kecamatan Menukung Melawi Terbakar

MELAWI, KALBAR SATU – Rumah Betang di Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi, Kalbar terbakar.

Musibah kebakaran bangunan rumah Adat Suku Dayak (rumah betang) yang berada di Dusun Laman Oras Desa Batu Badak Kecamatan Menukung.

Advertiser
Image
Banner Ads

17 pintu dengan 27 KK kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran yang terjadi pada hari minggu tanggal 3 april 2022 sekira pukul 17.20 wib.

Dikatakan Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto,S.I.K., melalui Kapolsek Menukung Iptu.Tri Jumadi mengatakan, bahwa sekira pukul 17.30 wib Personel Polsek Menukung menerima laporan dari masyarakat.

Baca juga: Jadwal Azan dan Waktu Buka Puasa Pontianak Hari Ini dan Selama Ramadhan 2022

Laporan itu tentangg terjadinya kebakaran, personel Polsek Menukung langsung berangkat menuju Dusun Laman Oras dan mendapati rumah betang sudah dalam keadaan terbakar.

Karena kebakaran yang terjadi Personel Polsek Menukung melakukan langkah kepolisian dengan mengamankan TKP guna melakukan proses penyelidikan.

Ketika hubungi,Kades Batuk Badak Damianus Enus membenarkan rumah betang di Dusun Laman Oras Desa Batu Badak mengalami kebakaran.

Baca juga: Peringatan Hari Air Dunia ke-30, BWS Kalimantan I Pontianak Tanam Pohon di Titik Nol Drajat Khatulistiwa

“Selain telah membakar rumah betang api juga menghanguskan 2 rumah warga yang tidak jauh dari rumah betang, 5 lumbung padi yang banyak berisi padi,7 sepeda motor serta mesin dongfeng pengiling padi,” kata Enus Via Hand Phone.

Damianus Enus menambahkan sebanyak 27 KK kehilangan tempat tinggal dan saat ini telah mengungsi sementara di rumah warga dan sanak keluarga.

Atas korban kebakaran, kemudian pihak Desa Batu Badak telah memberikan bantuan berupa sembako yang terdiri dari beras,telur,indomie, sarden kaleng,terangnya.

Baca juga: PA GMNI Pontianak Gelar Pemeriksaan Gratis, Suhardi: Patut Dicontoh di Daerah Lainnya

Akibat kebakaran yang terjadi,korban luka bakar sebanyak 2 orang yaitu sdr.SITO,41 tahun dan sdr.HERO,21 tahun segera dievakuasi guna mendapatkan pertolongan medis di puskesmas menukung sedangkan 1 korban lainnya di rujuk ke RSUD Melawi, sementara kerugian materi belum dapat di taksir.

Dijelaskan Iptu.Tri Jumadi, menurut keterangan saksi ,penyebab kebakaran diakibatkan dari api tungku dapur menggunakan kayu bakar.

“Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Menukung,” tuntas Kapolsek.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP