Solidaridad Gelar Pelatihan Pemetaan Partisipatif untuk Percepatan STDB di Kapuas Hulu

  • Whatsapp
Solidaridad Gelar Pelatihan Pemetaan Partisipatif untuk Percepatan STDB di Kapuas Hulu
Solidaridad Gelar Pelatihan Pemetaan Partisipatif untuk Percepatan STDB di Kapuas Hulu/ISTIMEWA

KALBARSATU.ID – Solidaridad Indonesia menyelenggarakan pelatihan pemetaan partisipatif untuk percepatan STDB di Kelompok Tani Sekolah Lapang Miau Jelutung Jaya, Dusun Bersatu, Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Adat Dusun Bersatu dengan dihadiri oleh 19 orang peserta yang merupakan anggota Kelompok Tani Sekolah Lapang Miau Jelutung Jaya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka oleh Nurmanto, Field Officer Program NISCOPS Solidaridad. Nurmanto menyampaikan dalam pembukaannya bahwa pemetaan partisipatif ini untuk mendukung percepatan STDB di Desa Miau Merah.

“Dengan partisipasi dari petani-petani ini untuk sama-sama memetakan kebun,” ujarnya.

Foto: Suasana pelatihan Pemetaan Partisipatif yang digelar Solidaridad

Kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ngaba selaku Ketua Poktan SL Miau Jelutung Jaya, dalam kata sambutannya ia menyampaikan bahwa kelompok yang dibentuk Solidaridad ini sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan.

“Kegiatan ini sangat memberi manfaat ke petani-petani yang ada di desa melalui pelatihan pengoperasian GPS ini,” katanya.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, dimulai dari 24-25 Juli 2020. Hari pertama dengan materi pengenalan GPS oleh Yohanes Koko, GIZ Officer Program NISCOPS, dan dilanjutkan dengan praktik pengoperasian GPS di lapangan. Hari berikutnya dilakukan praktek pengambilan data dengan alat GPS di kebun-kebun petani.

“Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini, guna memberikan pengalaman dan pemahaman pengoperasian GPS oleh petani dalam memetakan kebun, yang mana peta kebun tersebut akan digunakan sebagai syarat pengajuan pendaftran STDB,” imbuhnya.(*)

Pos terkait

Gerindra Kalbar