Wabup Sujiwo Janji Kembangkan Pabrik Pakan Ikan Mini di Jeruju Besar

  • Whatsapp
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengunjungi pabrik pakan ikan mini yang berlokasi di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengunjungi pabrik pakan ikan mini yang berlokasi di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap/ISTIMEWA

KALBARSATU.ID – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengunjungi pabrik pakan ikan mini yang berlokasi di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap.

Kunjungannya ke pabrik pakan yang dikelola secara swadaya oleh Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Karya Baru itu dengan didampingi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubu Raya Zulkarnain dan Kepala Desa Jeruju Besar Nurhalijah.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Wabup Sujiwo menyampaikan komitmennya untuk membantu pengembangan pabrik yang dalam satu hari sanggup memproduksi 300 kilogram pakan tersebut.

Komitmen itu akan Ia wujudkan dengan memasukkan program-program prioritas yang diusulkan Pokdakan Karya Baru ke dalam APBD Perubahan 2020 atau APBD murni 2021.

“Tadi saya dengar kalau pabrik mini ini bisa memproduksi pakan sebanyak 50 hingga 60 kilogram per jam atau 300 kilogram per hari. Kemudian, ada beberapa permintaan dari Pokdakan Karya Baru, terutama terkait pengembangan pabrik ini.

Insyaallah permintaan-permintaan itu akan segera kita realisasikan dengan tetap mengutamakan kebutuhan yang paling prioritas,” kata Sujiwo di Dusun Karya Utama, Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Sabtu (25/7/2020).

Sujiwo meyakini kalau pabrik pakan ini bisa jadi solusi atas kendala yang selama ini dikeluhkan pembudi daya ikan, yakni tingginya harga pakan pabrikan.

Hal itu lantaran harga yang dibanderol pakan ikan yang diproduksi Pokdakan Karya Baru jauh lebih murah dibandingkan pakan pabrikan.

“Harga pakan ikan di sini lebih murah dibandingkan pakan yang beredar di pasaran. Dengan kandungan protein yang sama, di sini hanya Rp9 ribu per kilo, di pasaran harganya rata-rata Rp12 ribu sekilo. Itu yang membuat saya semangat untuk mengembangkan pabrik mini ini,” paparnya.

Selain melalui jalur pemerintah, lanjut Sujiwo, pengembangan pabrik pakan ikan juga akan Ia lakukan lewat jalur partai politik.

Sebagai Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, dirinya bakal menjajaki komunikasi dengan kader partai asal Kalbar yang duduk di Komisi IV DPR RI, komisi yang membidangi urusan Kelautan dan Perikanan.

“Saya kebetulan berhubungan baik dengan Ibu Maria Lestari, anggota DPR RI dapil Kalbar yang sekarang duduk di Komisi IV. Beliau akan saya ajak ke sini untuk melihat langsung apa-apa saja yang dibutuhkan Pokdakan Karya Baru,” tutup Sujiwo.(Njb)

Pos terkait

Gerindra Kalbar