Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
Islam

4 Peristiwa Besar pada 17 Ramadhan

82
×

4 Peristiwa Besar pada 17 Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Bacaan Lafadz Doa dan Amalan Mendapatkan Malam Lailatul Qadar
Bacaan Lafadz Doa dan Amalan Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

RAMADHAN, KALBAR SATU – Malam Nuzulul Qur’an pada tahun ini jatuh pada tanggal 29 April 2021. Nuzulul Qur’an selalu diperingati pada 17 Ramadhan tiap tahunnya.

Malam Nuzulul Qur’an adalah dimana Allah SWT menurunkan Al-Qur’an.  Ada empat peristiwa besar dan keistimewaan pada malam Nuzulul Qur’an tersebut.

Advertiser
Banner Ads

“Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan peristiwa-peristiwa  dalam jangka waktu sekitar 23 tahun,” (HR. Thobari, an Nasa’i dalam sunanul kubro, Al hakim dalam mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. (Hadits telah dishahihkan oleh Al Hakim serta disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar juga menyetujui.

Keistimewaan 17 Ramadhan juga menjadi peristiwa kemerdekaan RI dan terjadinya perang badar.

1. Kemenangan Perang Badar Bagi Umat Muslim

Pada tanggal 17 Ramadhan 2 Hijriyah atau 13 Maret 623 M pasukan umat muslim berhasil memenangkan perang Badar Raya yang dipimpin Nabi Muhammad melawan kaum Quraisy.

Pada perang ini kaum muslim hanya berjumlahkan 313 yang melawan kaum Quraisy dengan jumlah 1.000 prajurit.

2. Wafatnya Ali bin Abi Thalib

Tanggal 17 Ramadhan 40 Hijriyah juga menjadi hari berduka umat muslim, sebab di hari tersebut Ali bin Abi Thalib Syahid akibat sabetan pedang Ibnu Muljam.

3. Kemenangan Byzantium

Tanggal 17 Ramadhan 218 Hijriyah/12 Agustus 838 M. Umat muslim berhasil memenangkan atas Byzantium dalam perang Amoriah yang dipimpin oleh Khalifah Al Mu’tashim Billah.

4. Hari Kemerdekaan Indonesia

Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI oleh Soekarno yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan 1945. Pembacaan proklamasi ini disebut-sebut bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan.

Namun, pendapat tersebut masih menjadi perdebatan, karena perhitungan pelaku sejarah mengatakan bahwa pembacaan teks proklamasi pada tanggal 9 Ramadhan.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita