Bacaan Doa Sambut Bulan Ramadan 2021, Berikut Bacaan Zikir Ketika Lihat Hilal dan Keistimewaan Ramadan

  • Whatsapp
Bacaan Doa Sambut Bulan Ramadan 2021, Berikut Bacaan Zikir Ketika Lihat Hilal dan Keistimewaan Ramadan
Bacaan Doa Sambut Bulan Ramadan 2021, Berikut Bacaan Zikir Ketika Lihat Hilal dan Keistimewaan Ramadan

RAMADHAN, KALBAR SATU –Tidak lama lagi puasa Ramadhan 2021 tiba. Puasa Ramadhan menjadi bulan Ini yang dinantikan seluruh umat muslim. Apa sebab? Karena bulan puasa merupakan bulan penuh ampunan yang lebih baik dari seribu bulan.

Bulan Ramadan merupakan bulan istimewa yang memberikan banyak kesempatan bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah dengan dengan lipatan pahala.

Bacaan Lainnya

Maka dari itulah seluruh umat muslim selalu menantikan datangnya bulan Ramadan dengan penuh gembira dan kerinduan.

Namun sebelum bulan penuh ampunan itu tiba ada baiknya untuk mengetahui amalan doa memanjatkan doa ketika bulan Ramadan tiba.

Sebab Kebiasaan ini salah satu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang selalu berdoa ketika menyambut datangnya bulan Ramadan.

Dengan doa menyambut bulan Ramadan, berarti memohon kebaikan dan keberkahan dari Allah agar ibadah bulan Ramadan supaya ibadah yang dikerjakan di bulan Ramadan dapat meningkatkan iman.

Tidak hanya anjuran doa menyambut bulan Ramadan, namun uga terdapat beberapa amalan lain yang bisadilakukan untuk untuk menyambut bulan Ramadan.

Berikut yang kami dirangkum dari Tribun Pontianak doa menyambut bulan Ramadan dan bacaan lainnya yang bisa diamalkan.

Dalam berbagai riwayat, bahwa Nabi Muhammad SAW selain mempersiapkan diri dalam menyambut bulan Ramadan, namun juga selalu memanjatkan doa ketika bulan Ramadan telah tiba.

Ini kami sajikan Doa menyambut bulan Ramadan sesuai dengan sunnah Rasul dilakukan ketika melihat hilal atau tanda awal bulan Ramadan.

Berikut bacaan doa menyambut bulan Ramadan saat melihat hilal :

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh

Artinya: “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Berdasarkan riwayat hadist Imam al-Tirmidzi, Nabi Muhammad membaca doa tersebut ketika masuk bulan Ramadan atau ketika melihat hilal. Bukan hanya itu, Nabi Muhammad juga melafalkan doa tersebut ketika sudah diumumkan bulan Ramadan. Dengan doa tersebut, umat muslim dapat memohon keberkahan, kebaikan, dan keselamatan dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan sebulan ke depan.

BACA Panduan Shalat Tarawih DAN Bacaan Niat Shalat Tarawih Lengkap

BACA Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Ramadhan

Bacaan Zikir Ketika Melihat Hilal

Selain bacaaan doa menyambut bulan Ramadan saat melihat hilal, terdapat beberapa bacaan zikir yang dilafalkan Nabi Muhammad saat hilal Ramadan sudah terlihat.

 Berdasarkan hadist riwayat Imam Ahmad, dijelaskan bahwa Rasulullah membawa zikir saat melihat bulan atau hilal sebagai tanda datangnya Ramadan. Berikut bacaan zikir yang dilafalkan Rasulullah ketika melihat hilal Ramadan :

Allāhu akbaru, lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīmi. Allāhumma innī as’aluka khaira hādzas syahri, wa a‘ūdzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari.

Artinya: “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

Dengan membaca zikir tersebut dapat menunjukkan bahwa umat muslim sebagai manusia adalah makhluk yang lemah dan selalu senantiasa membutuhkan pertolongan Allah. Selain itu, bacaan doa zikir ini juga dapat memohon kebaikan di bulan Ramadan serta perlindungan dari takdir yang buruk.

Bacaan Doa Menyambut Bulan Ramadan

Setelah mengetahui bacaan doa dan zikir saat melihat hilal, berikutnya juga masih terdapat bacaan doa menyambut bulan Ramadan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan hadist riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami, berikut bacaan doa menyambut bulan Ramadan yang dilafalkan oleh Rasulullah :

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Selain itu, Nabi Muhammad juga membaca doa sebagai permohonan kepada Allah untuk mendapatkan kebaikan di bulan Ramadan. Bacaan doa ini tentu juga bisa Anda amalkan untuk sesuai dengan sunnah Rasul untuk menambah pahala dan sebagai upaya untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadan. Berikut bacaan doa permohonan yang dilafalkan oleh Rasulullah berdasarkan riwayat Imam Abu Dawud :

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

Keistimewaan Bulan Ramadan

Setelah mengetahui beberapa bacaan doa menyambut bulan Ramadan sesuai dengan sunnah Rasul, Anda juga perlu mengetahui beberapa keistimewaan bulan Ramadan. Dengan memahami keistimewaan bulan Ramadan ini, bisa menambah rasa syukur Anda karena dapat dipertemukan kembali dengan bulan penuh berkah.

Bukan hanya itu, ini juga dapat meningkatkan semangat untuk melakukan ibadah sebaik mungkin di bulan Ramadan. Berikut beberapa keistimewaan bulan Ramadan yang perlu Anda ketahui :

Pada bulan Ramadan, pintu surga dibuka dan pintu surga ditutup. Setan-setan juga dibelenggu agar manusia dapat menunaikan ibadah dengan baik di bulan Ramadan.

Puasa bulan Ramadan bisa menjadi penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadan berikutnya.

Puasa bulan Ramadan bisa menebus dosa-dosa yang telah diperbuat, dengan syarat puasa yang dilakukan dengan ikhlas.

Orang yang memberikan hidangan buka puasa bagi orang yang berpuasa bisa mendapatkan pahala sebanyak pahala orang yang berpuasa tersebut.

Bulan Ramadan menjadi kesempatan yang paling baik untuk bersedekah.

Orang yang banyak melakukan ibadah di bulan Ramadan, maka dosa-dosanya dapat diampuni oleh Allah.

Doa orang yang sedang berpuasa adalah mustajab.

Orang yang menunaikan ibadah umrah di bulan Ramadan bisa mendapatkan pahala seperti orang yang berhaji. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan