Bacaan Doa Tolak Bala 2022, Jenis Upacara Robo-Robo dan Amalan Rebo Wekasan Atau Rabu Akhir Bulan Safar

Apa Saja Amalan Rebo Wekasan 2022? Inilah Bacaan Doa Tolak Bala Arab Latin Bulan Safar
Bacaan Doa Tolak Bala 2022, Jenis Upacara Robo-Robo dan Amalan Rebo Wekasan Atau Rabu Akhir Bulan Safar. Foto/Instagram.

KALBAR SATU ID- Bacaan Doa Tolak Bala 2022, Jenis Upacara Robo-Robo dan Amalan Rebo Wekasan Atau Rabu Akhir Bulan Safar.

Inilah bacaan doa tolak bala di Rebo Wekasan yang kali ini jatuh pada tanggal 21 September 2022.

Bacaan Lainnya

Bacaan doaa tolak bala tidak hanya dibaca saat momentum Rebo Wekasan saja, namun bisa juga di baca di hari yang lain.

Baca juga: Keutamaan Malam Rebo Wekasan 21 September 2022 dan Lafadz Bacaan Doa Tolak Bala Lengkap Disertai Amalannya

Meski begitu banyak sekali masyarakat muslim yang mempercayai Rebo Wekasan dengan momentum mendekatkan diri kepada Allah dengan memohon perlindungannya.

Dinukil dari penjelasan kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid” (biasa disebut: Mujarrobat ad-Dairobi) diceritakan ada seorang Waliyullah maqam kasyaf yang mengatakan bahwa Allah SWT menurunkan 320.000 (tiga ratus dua puluh ribu) macam bala’ atau bahaya dalam satu malam, yakni pada hari Rabu terakhir bulan Safar.

Baca juga: TEKS DOA TOLAK BALA Arab dan Artinya Dibaca Saat Ritual Rebo Wekasan Malam ini 21 September 2022

Namun di lain penjelasan, ada juga yang salah satu hadis yang menolak jika Bulan Safar penuh dengan malapetaka.

Dengan penjelasan itu artinya tidak betul-betul mendukung adanya tradisi Rebo Wekasan.

“Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada penyakit menular. Tidak ada kepercayaan datangnya malapetaka di bulan Shafar. Tidak ada kepercayaan bahwa orang mati itu rohnya menjadi burung yang terbang.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Baca juga: TIPS Lolos Kartu Prakerja Gelombang 46 Lengkap Dengan Cara Daftar Online di Prakerja.go.id

Sebagian masyarakat Indonesia punya tradisi sendiri memeriahkan Rebo Wekasan atau Rabu Terakhir Bulan Safar ini.

Diantaranya yang yang dimaksud adalah sebagai berikut ini jenis-jeni tradisi atau upacara Rebo Wekasan:

Upacara Robo-Robo

  1. Sedekah Ketupat, Sidekah Kupat, di daerah Dayeuhluhur, Cilacap.
  2. Upacara Rebo Pungkasan di Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta.
  3. Ngirab, di daerah Cirebonan.
  4. Safaran di beberapa daerah.

Tidak hanya upacara adat pada hari Rebo Wekasan, namun banyak juga orang Muslim tertentu yang melakukan sembahyang tertentu.

Adapun seperti bentuk makanan yang dibuat untuk upacara biasanya di antaranya ketupat, apem, dan nasi tumpeng.

Baca juga: Doa Tolak Bala Robo Wakesan Bahasa Indonesia, Arab, artinya: Doa Terhindar dari Musibah

Sementara ada juga yang memperingatinya dengan cara membaca doa tolak bala di Rebo Wekasan dengan harapan dilindungi oleh Allah SWT.

Inilah Doa tolak bala

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اللهم بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: 

“Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Baca juga: Download Nonton Drakor The Law Cafe Episode 6 Malam Ini Sub Indo Situs Legal dan Bocoran Sinopsisnya

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu.

Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya.

Wahai Dzat Yang Maha Mencukupi Harapan dan Menolak Bala, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW. beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

Demikianlah tentang Bacaan Doa Tolak Bala 2022, Jenis Upacara Robo-Robo dan Amalan Rebo Wekasan Atau Rabu Akhir Bulan Safar.

Ikuti GOOGLE NEWS atau Join Channel TELEGRAM

Pos terkait

Komentar ditutup.