Bulan Puasa Ramadhan 2021 Sebentar Lagi, Berikut 6 Amalan menyambutnya

  • Whatsapp
Ramadhan 2021 Sebentar Lagi, Berikut 6 Amalan menyambut Bulan Suci Itu
Ramadhan 2021 Sebentar Lagi, Berikut 6 Amalan menyambut Bulan Suci Itu

Bulan Ramadhan 2021 sudah tidak lama lagi atau tidak kurang dari 2 bulan ke depan umat muslim akan menyambut bulan suci penuh ampunan dan akan menjalankan puasa ramadhan.

Oleh karena itu Kalbarsatu.id bakal update informasi terkait bulan puasa ramadhan 2021. Berikut kami sajikan 6 Amalan menyambut Bulan Suci ramadhan.

Bacaan Lainnya

ISLAM, KALBARSATU.ID — Bulan suci atau Ramadhan 2021 sebentar lagi akan datang.

Menyambut bulan ramadhan 2021 tentu ada amalan-amalan yang kerjakan oleh setiap umat muslim.

Artikel ini memuat 6 Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2021.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu diistimewakan oleh umat Islam di setiap tahunnya, dimana, semua amal ibadah kita dilipat gandakan pada bulan ini.

Maka dari itu, penting untuk kita mempersiapkan diri sebaik mungkin, salah satunya dengan melakukan amalan yang bisa dilakukan sebelum Ramadhan tiba.

Meskipun bukan hal yang wajib, namun bisa membuatmu lebih dekat dengan Allah SWT dalam menjalani bulan suci Ramadhan nantinya. Serta bisa membuatmu lebih nyaman dalam menjalani puasa Ramadhan nantinya.

Berikut ini beberapa amalan menyambut ramadhan 2021 yang telah dikutip dari liputan6.com:

  1. Saling memaafkan kepada sesamanya

Amalan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan saling memaafkan kepada antar umat lainnya. Saat akan memasuki bulan suci Ramadhan kamu harus bersih dari segala kesalahan, artinya saat kamu akan menjalani puasa Ramadhan, kamu harus bersih secara lahir maupun batin.

Sehat lahir artinya kamu harus mempersiapkan fisik yang sehat. Seperti mempunyai badan yang sehat bebas dari penyakitan.

Sedangkan untuk kesucian batin kamu harus bebas dari segala dendam, pikiran buruk, sakit hati, dan masalah lainnya. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman dalam menjalani bulan suci Ramadhan nantinya.

  1. Bertobatlah kepada Allah SWT

Selain dianjurkan untuk saling memaafkan antar umat, juga sangat dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Seorang muslim di anjurkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan taubat bersungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Dengan melakukan taubat dengan sungguh-sungguh, kamu akan menjalani bulan suci Ramadhan dengan hati yang bersih dan jiwa yang tenang, karena kamu telah memohon ampunan kepada Allah SWT.

  1. Membayar hutang puasa (jika tahun-tahun yang lalu mempunyai hutang)

Saat akan menjelang bulan suci Ramadhan sudah seharusnya untuk membayar hutang puasa di tahun sebelum-sebelumnya. Ini dilakukan jika pada bulan Ramadhan tahun yang lalu ada puasanya yang batal.

Dalam bahasa Arab puasa ini disebut dengan Qadha, ini laksanakan sesuai hutang puasa yang dimilikinya. Mengenai membayar hutang puasa Ramadhan sudah dijelaskan oleh Allah dengan firman-nya yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 184 yang berbunyi :

“(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. maka barangsiapa diantara kamuada yang sakit atau dalam
Perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) maka membayar fidyah, yaitu : memberi makan seorang miskin.

Barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik jika kamu mengetahui.”

  1. Sambut bulan suci Ramadhan dengan hati penuh kegembiraan

Yang tak kalah pentingnya lagi adalah menyambut bulan suci Ramadhan dengan kegembiraan, caranya bisa dengan memperbanyak rasa syukur karena telah dipertemukan lagi di bulan suci Ramadhan. Serta mempersiapkan makanan yang sunnah untuk buka puasa nantinya.

Rasulullah SAW dan para sahabatnya selalu menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati penuh kegembiraan. Namun melepaskannya dengan seruan tangisan. Seperti dalam hadits Darrutun Nasihin, yang artinya :

“Siapa yang bergembira dengan masuknya bulan suci Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

  1. Mempelajari ilmu-ilmu mengenai bulan suci Ramadhan

Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan, sebaiknya kita mempelajari tentang ilmu-ilmu mengenai keutamaan dan agar puasa kita diterima oleh Allah SWT. Baik itu karena lupa maupun belum mengetahui.

Karena syarat diterimanya amal ibadah kita selain ikhlas melaksanakannya, juga harus mutaba’ah, yaitu amal ibadahnya harus benar sesuai dengan ajaran syariat dan sunah.

Maka dari itu penting untuk menyegarkan kembali pelajaran mengenai ilmu fiqh ibadah bulan suci Ramadhan. Semisalnya dengan ilmu fiqh puasa, cara dan keutamaan shalat tarawih, tentang Zakat, dan ilmu-ilmu ibadah lainnya.

  1. Berdoa kepada Allah SWT Berdoa menjelang bulan suci Ramadhan sangat dianjurkan, berdoa agar dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan tersebut, dikaruniai umur yang panjang, dilancarkan puasanya, dilancarkan rezeqinya, dan berdoa agar selalu dikaruniai badan yang sehat welafiat agar puasanya tidak terhambat.

Inilah beberapa amalan yang bisa diamalkan menjelang tibanya bulan suci Ramadhan agar ibadah kita baik dan benar.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan