Scroll untuk baca artikel
Islam

Cara Berwudhu yang Benar Sesuai Syariat Islam

802
×

Cara Berwudhu yang Benar Sesuai Syariat Islam

Sebarkan artikel ini
Cara Berwudhu
Cara Berwudhu yang Benar sesuai Syariat Islam.

KALBAR SATU, ISLAM – Sebelum melaksanakan shalat, anda di wajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu karena wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat. Adapun hukum melaksanakan wudhu sebelum beribadah adalah wajib

Bahkan berwudhu bisa disebut sebagai pintu masuk beribadah. Hampir semua pelaksanaan ibadah harus didahulukan dengan berwudhu. Wudhu adalah bentuk menyucikan diri dari segala hadas sebelum menghadap kepada Allah SWT. Dalam syariah islam wudhu memiliki peranan penting ketika beribadah

Advertiser
Banner Ads

Oleh karena itu, kita di tuntut untuk bisa melaksanakan wudhu dengan benar dan sesuai dengan tuntutan islam yang diharuskan dilakukan dengan tepat agar ibadah yang kita kerjakan bisa diterima oleh Allah SWT.

Baca juga: Rukun dan Syarat Sah Puasa Ramadhan, Umat Muslim Wajib Tahu

Sebelum melaksanakan salat, wudhu adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Selain itu, wudhu juga menjadi syarat sah salat. Berikut ini dijelaskan cara wudhu yang benar.

Oleh sebab itu, cara wudhu yang benar dan sesuai dengan tuntutan Islam haruslah dilakukan dengan tepat agar ibadah salat kita diterima oleh Allah SWT.

Wudhu merupakan bentuk atau cara mensucikan diri yang sudah disyariatkan dalam Islam.

Baca juga: Panduan Shalat Tarawih Mulai Niat dan Doa Lengkap Arab Latin

“Dalam Surat Al-Maiday ayat 6 Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur”.

Baca juga : Tata Cara Dan Niat Sholat Jenazah, Bacaan Niat Laki-laki Dan Perempuan

Syarat Sebelum Berwudhu

  1. Muslim
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Tidak haid, Nifas, dan lainnya
  5. Tersedia air minimal 0,688 liter/688 ml
  6. Masuk waktu ibadah
  7. Hadats

Baca juga: Simak Keutamaan Tadarus Al Qur’an di Bulan Ramadan

Cara Berwudhu yang Benar

  1. Membaca niat wudhu
    Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa (Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu karena Allah”)
  2. Membaca basmalah
  3. Berkumur-kumur
  4. Mencuci lubang hidung
  5. Membasuh muka sebanyak 3 kali
  6. Mencuci tangan hingga ke sela-sela tangan dan siku
  7. mengusap kepala/rambut
  8. Membersihkan kedua telinga
  9. Mencuci kedua kaki hingga mata kaki
  10. Membaca doa wudhu. Dibaca setelah selesai berwudhu
  11. “Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh”.

Baca juga : Keutamaan Istri Terhadap Suami Berdasarkan Hadis Dan Dalilnya

Demikian halaman ini menyediakan bagaiman cara Berwudhu atau Wudhu yang Benar Sesuai Syariat Islam.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita