Scroll untuk baca artikel
Islam

Doa dan Dzikir Pergantian Tahun Baru Via Gambar dan Teks, Banyak Manfaatnya

296
×

Doa dan Dzikir Pergantian Tahun Baru Via Gambar dan Teks, Banyak Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Doa Akhir Tahun Bentuk Gambar Awal Bulan Hijriyah dan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443
Doa Akhir Tahun Bentuk Gambar Awal Bulan Hijriyah dan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443

KALBAR SATU ID, ISLAM – Inilah Doa Akhir tahun bentuk gambar di baca pada akhir tahun 2022 dan awal tahaun 2023.

Tahun Baru tepat jatuh pada hari Minggu, 01 Desember 2022, ada baiknya dalam mengakhiri pergantian Tahun ini dengan meminta kehidupan yang lebih baik serta segala urusan dilancarkan.

Advertiser
Banner Ads

Ada beberapa doa dan sejumlah amalan yang bisa ditunaikan pada akhir 2022 dan awal tahun 2023, mengingat mengetahui bahwa bulan Muharram atau akhir bulan ini sebagai bulan yang suci dan dimuliakan oleh Allah.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud, Beserta Bacaan Doa Salat Malam

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Qobliyah dan Badiyah Jumat 2 Rakaat Salat sunnah Sebelum dan Sesudah

Berikut doa akhir tahun bentuk Gambar dan awal tahun baru Islam, seperti dikutp dari NU Online, Senin (9/8).

Doa Akhir Tahun Bentuk Gambar

%Kalbar Satu%

Doa warid akhir tahun ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dibaca sebanyak tiga kali pada sore hari. Bisa dilantunkan seusai menunaikan salat Ashar atau sebelum Maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Baca Juga: Bacaan Syair Abu Nawas Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Dihari Jumat, Ini Lafadz dan Keutamaannya

Baca Juga: Simak Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap Bacaan Niat dan Doanya Sesuai Sunnah

Mengutip dari NU online yang merangkum dari kitab Maslakul Akhyar oleh Sayid Utsman bin Yahya, berikut ini doa akhir tahun yang dibaca oleh Nabi SAW:

Doa Akhir Tahun Bentuk Teks

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da’autanî ilat taubati min ba’di jarâ’atî ‘alâ ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu”.

Baca Juga: Teks Bacaan Sholawat Kubro Arab dan Artinya: Apa Saja Keutamaan Menurut Hadist Sohih?

Baca Juga: Ya Allah Pengen Punya Pacar, Ini Bacaan Doa Nabi Yusuf dan Amalan Agar Dicintai dan Tidak Jomblo

“Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun Bentuk Gambar

%Kalbar Satu%

Disebutkan dari kitab Maslakul Akhyar, doa awal bulan Muharram ini disarankan dibaca tiga kali.

Baca juga: BACAAN Surat Yasin 1 Sampai 83 Arab Latin Dan Tahlil Malam Jumat PDF: Download Disini!

Baca juga: Doa Akhir Tahun Bentuk Gambar Awal Bulan Hijriyah dan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443(Buka di tab peramban baru)

“Yakni, doa masuknya tahun baru, dibaca tiga kali,” kata Habib Utsman. Berikut ini lafal doanya:

Doa Awal Tahun Bentuk Teks

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Baca Juga: Penjelasan dan Bacaan Shalawat Para Wali Qutub Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf

Baca Juga: BACAAN DOA Meminta Kemudahan Segala Urusan Sesuai Sunnah

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini”.

“Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Dzikir di Akhir dan Awal Tahun

Kemudian dilanjutkan seusai salat Maghrib membaca Ayat Kursi sebanyak 360 kali disertai basmalah pada tiap-tiap kalinya. Sebagai sambutan awal tahun atau pergantian tahun.

Baca Juga: Sosialisasi 4 Pilar di Bengkayang, Maria Lestari: Pesan Bung Karno, Urusan Pangan Adalah Hidup Matinya Bangsa

Baca Juga: Ramalan Bintang Zodiak Besok 14 Oktober 2021: Urusan Percintaan Cancer dan Leo Baik-baik Saja

Lalu disusul doa pendek yang dianjurkan untuk dibaca sebanyak 300 kali:

اَللهم يَا مُحَوِّلَ الأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ إِلَى أَحْسَنِ الأَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَالْ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم.

Artinya: “Ya Allah Zat pemindah berbagai kondisi, pindahlah kondisiku pada kondisi terbaik dengan daya dan kekuatan-Mu, wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha Tinggi. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.”

Selanjutnya doa akhir tahun yang bisa dibaca sebanyak tiga kali:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا، وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرْحًا وَسُرُوْرًا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. اَللهم أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat, yaitu shalawat yang dapat memenuhi berbagai simpanan-Mu dengan cahaya, shalawat yang menjadi solusi, kebahagiaan dan kesukacitaan bagi kami dan orang-orang beriman, dan juga limpahkanlah keselamatan yang banyak kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Baca Juga: ARGENTINA vs PRANCIS FINAL PIALA DUNIA 2022: Cara Nonton Lancar Lewat Link Live Streaming Tv Online Disini

Baca Juga: Ramalan Shio Besok Selasa 23 Oktober 2021: Bisnis dan Cintanya Berjalan Lancar

“Ya Allah, Engkau Zat Yang Maha Abadi, Maha Qadim, Maha Awal.Yang menjadi andalan manusia hanyalah anugerah-Mu yang agung dan kemurahanmu yang mulia. Ini tahun baru telah tiba. Di dalamnya Aku memohon penjagaan kepada-Mu dari setan dan kekasih-kekasihnya, memohon pertolongan atas nafsu amarah yang memerintahkan keburukan dan memohon tersibukkan diri dengan aktifitas yang dapat lebih mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya, wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha Mulia. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

Demikian ddoa pergantian tahun 2022 ke 2023 agar bisa bermunajat meminta pertolongan Allah SWT agar kehidupan kedepannya bisa lebih baik dan segala urusan lancar terus menerus tanpa ada hambatan. Amin!

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita