Doa Sapu Jagat, Doa Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

  • Whatsapp
Doa Sapu Jagat, Doa Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat
Ilustrasi

KALBARSATU.ID — Membaca doa sudah menjadi kebutuhan bagi setiap insan untuk memulai pekerjaannya atau selesai melaksanakan shalat. Pada artikel kali ini berisi yang namanya doa sapu jagat, dinamai dengan doa sapu jagat karena untuk memohon ampunan dunia dan akhirat kepada Allah SWT.

Pada tiap-tiap doa sudah pasti kita sering mendengar doa ini yang dibaca oleh imam, pasti selalu ada.

Bacaan Lainnya

Sangat dianjurkan untuk dibaca setiap kali berdoa, baca pada akhir dari doa-doa yang lain.

Isi dari doa sapu jagat adalah memohon agar diberikan kebaikan dunia dan keselamatan di akhirat kelak. Berikut ini lafal doa sapu jagat beserta artinya:

رَبَّنا آتِنَا في الدّنيَا حَسَنَةً وَفِي الآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّار.

Robbanaa aatinaa fid dun yaa Hasanah, we fil aakhiroti Hasanah, we qinaa ‘adzaabannaar.

Yang artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahi kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan jauhkanlah kami dari api neraka.”

Ahli tafsir Prof Dr Muhammad Quraish Shihab di dalam karyanya membumikan Al-Quran menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW beri’tikaf di sepuluh hari malam terakhir pada bulan Ramadhan. Saat itulah beliau bertadarus dan berdoa.

Sebuah riwayat menyebutkan:

عن أنس قال ـ كان أكسردعاءالنّبيّ صلّى اللّه عليه وسلّم اللّهمّ رَبَّنا آتِنَا في الدّنيَا حَسَنَةً وَفِي الآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّار. (متفق عليه)

Artinya: Anas mengatakan: “Nabi Muhammad SAW paling sering membaca doa Wahai Tuhan kami, anugerahi kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari api neraka.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR, Bukhari, 8, 187-188, Muslim, no. 2690)

Para pakar tafsir mengatakan bahwa arti dari kebaikan di dunia adalah mendapatkan kesejahteraan hidup dan kebahagiaan. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan