Keistimewaan Surat Al Waqi’ah, Berikut Cara dan Waktu Mengamalkannya

  • Whatsapp
Keistimewaan Surat Al Waqi'ah, Berikut Cara dan Waktu Mengamalkannya
Ilustrasi

KALBARSATU.ID — Dari sekian banyaknya surat dalam Al-Qur’an tentunya sudah mempunyai keistimewaan tersendiri bagi para yang mengamalkannya. Pada artikel kali ini berisi tentang keutamaan dan keistimewaan dari surat Al waqi’ah.

Al Waqi’ah berarti “Hari Kiamat”, menjelaskan tentang bagaimana hari kiamat itu terjadi. Surat ini merupakan surat ke 56 yang berada ada juz ke 27 dan jumlah ayatnya terdiri dari 96 ayat.

Bacaan Lainnya

Apa keutamaan surat Al Waqi’ah ?

Pertama, keutamaan dari surat Al Waqi’ah bagi para pengamalnya adalah akan mendapatkan keistimewaan di sisi Rasulullah SAW. Karena Nabi SAW beruban karena surat ini.

Sebuah hadits mengatakan bahwa Ibnu Abbas RA berkata, “Abu Bakar Ash-Shiddiq RA berkata kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, engkau telah beruban.” Rasulullah pun menjawab, “Aku beruban karena surat Hud, Al Waqi’ah, Al Mursalat, an Naba, dan at Takwir”.

Kedua, seorang yang rajin membaca surat Al Waqi’ah akan membuat ia dijauhkan dari kemiskinan oleh Allah SWT. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadits, Ab Syari’lah bin Mas’ud RA berkata :

“Saya mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, “barang siapa yang membaca surat Al Waqi’ah pada setiap malam, maka ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.”

Sementara untuk waktu yang tepat membaca surat Al Waqi’ah sebagai mana yang dijelaskan dalam buku “aku yakin menjadi kaya” sebuah karya dari Kholidin, cara mengamalkan surat Al Waqi’ah yang telah adalah setelah selesai melaksanakan shalat Dhuha dan sholat malam.

Surat Al Waqi’ah dibaca satu kali. Dan pada ayat ke 89 berbunyi:

فَرَوْحٌ وَّرَيْحَا نٌ ەۙ وَّجَنَّتُ نَعِيْم.

Fa rauhuw wa raihanuw wa jannatu na’im.

Artinya: “Maka dia memperoleh ketentraman dan rezeqi serta surga yang penuh kenikmatan.”

Dibaca sebanyak tiga kali tanpa nafas dan sejenak diam dengan meminta yang dihajatkan dalam hati. Lalu, dilanjutkan ayat selanjutnya sampai dengan selesai.

Adapun waktu lain untuk mengamalkan surat Al Waqi’ah adalah dibaca dibaca sebanyak tiga kali pada waktu selesai shalat Dhuha lalu berdoa.

Sebenarnya, cara untuk mengamalkan surat Al Waqi’ah yang baik dan tepat adalah setiap malam, yaa paling sedikitnya satu kali 24 jam. Sebuah riwayat Abdullah bin Mas’ud mengatakan, “Siapa saja yang membaca surat Al Waqi’ah pada tiap-tiap malamnya, maka tidak akan menimpa kepadanya kemiskinan atau kefakiran selamanya.”

Nah, Sobat islami itu ya keutamaan dan keistimewaan surat Al Waqi’ah. Semoga bermanfaat dan silahkan diamalkan. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan