Islam

Keutamaan dan Amalan Bulan Syaban, Penuh Berkah dan Ampunan 2022

180
×

Keutamaan dan Amalan Bulan Syaban, Penuh Berkah dan Ampunan 2022

Sebarkan artikel ini
Keutamaan dan Amalan Bulan Syaban, Penuh Berkah dan Ampunan 2022
Keutamaan dan Amalan Bulan Syaban, Penuh Berkah dan Ampunan 2022

KALBAR SATU – Saat ini sudah memasuki bulan syaban 2022, berikut ini keutamaan dan amalan bulan Syaban. Dimana bulan ini penuh berkah dan ampunan.

Dikutip dari dalam Kanal Youtube Kajian Islam Official “Keutamaan dan Amalan Dahsyat Bulan Sya’ban.

Advertiser
Image
Banner Ads

Ustadz Adi Hidayat” pada 17 Maret 2021 Hidayat memberikan tausyiah tentang keutamaan bulan syaban dan amalan dahsyat di sisi Allah SWT.

Baca Juga: Berikut Doa Puasa Ayyamul Bidh Bulan Syaban 1442 Hijriyah dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

“Bulan Syaban termasuk bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT baik dalam Al-Quran maupun hadist,” sebut Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa, di antara bulan-bulan yang istimewa tersebut ada satu bulan yang umumnya orang-orang seringkali lupa untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala dari amalannya.

Kata Ustad, Dan bulan itu adalah bulan Syaban, mengapa? Karena bulan Syaban terhimpit dari dua bulan yang utama lainnya.

Yakni bulan Rajab dan Bulan Ramadhan, orang-orang cenderung akan berkurang amalannya untuk mempersiapkan amalan terbaik di bulan Ramadhan. Jelas Ustadz Adi Hidayat.

“Harap diperhatikan, jika orang-orang sudah turun mengerjakan amalan sholeh. Maka kemudian anda inisiatif melakukan amalan sholeh, maka pahala yang melimpah di sisi Allah SWT,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Dia mencontohkan, jika biasanya orang-orang gencar melakukan ibadah di bulan rajab seperti puasa, sholat berjamaah, bersedekah akan tetapi berhenti.

Bila kalian melakukan amalan seperti biasanya di saat orang lain meninggalkannya, maka disitulah pahala berlimpah.

“Ada satu amalan yang sangat jarang dilakukan orang lain, tetapi di mata Allah SWT mendapatkan pahala yang begitu besar,” tambah Ustadz Adi Hidayat.

Amalan utama di sisi Allah SWT ketika memasuki bulan Syaban? Berikut menurut Ustadz Adi Hidayat.

Baca Juga: LAFADZ DOA NISFU SYABAN! Bulan Syaban 1442 H pada Tanggal 15 Maret 2021

  1. Puasa
    “Dikatakan dalam hadist, Rasulullah SAW lebih banyak melaksanakan amalan puasa ketika memasuki bulan Syaban,” Ungkap Ustadz Adi Hidayat.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, di kala bulan Syaban ini amalan yang utama di antara amalan lain ialah berpuasa. Sebagaimana di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ingat, konteksnya umumnya orang-orang berpuasa di bulan Rajab dan Ramadhan. Tadi, amalan yang dikerjakan diantara orang yang tidak mengerjakannya bernilai pahala yang berlimpah.

Baca Juga: Berikut Doa Nisfu Syaban dan Doa Niat Puasa Bulan Syaban 1442 H

  1. Memuliakan tamu
    Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, dalam hal memuliakan tamu memberikan contoh perbuatan yang orang lain tidak lakukan.

“Jika ada tamu yang datang, ketika situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk memuliakan tamu. Tapi anda, tetap memberikan yang terbaik untuk memuliakan tamu. Di mata Allah SWT bernilai ibadah yang tidak terkira,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

Jadi, ketika ada seorang tamu yang berkunjung. Namun, kita tidak memiliki apa-apa untuk di hidangkan. Dengan sekuat tenaga, tidak membiarkan tamu berdiam diri saja. Begitulah menurut Ustadz Adi Hidayat.

  1. Lakukan Amalan yang biasa dikerjakan

Setiap amalan, baik itu sholat malam, sedekah, puasa, dzikir, dan amal-amalan lain yang sudah biasa di kerjakan. Tetap kerjakan juga di bulan Syaban.

Itulah Keutamaan dan Amalan Bulan Syaban, Penuh Berkah dan Ampunan.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP