Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Surat Al Kahfi pada Malam Jumat atau di Hari Jumat

  • Whatsapp
Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Surat Al Kahfi pada Malam Jumat atau di Hari Jumat
Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Surat Al Kahfi pada Malam Jumat atau di Hari Jumat/ilustrasi

KALBARSATU.ID — Membaca kitab suci Al-Qur’an tentunya akan ada keistimewaan tersendiri yang berbeda-beda. Nah pada artikel kali ini akan mengupas keistimewaan bagi yang membaca surat Al Kahfi.

Sebagimana kita ketahui bahwa surat Al Kahfi ini merupakan surat ke 18 dengan jumlah ayat sebanyak 110 ayat. Surat Al Kahfi disebut juga dengan nama Ashabul Kahfi.

Surat Al Kahfi termasuk dalam golongan surat makkiyah karena surat Al Kahfi diturunkan di kota Mekkah.

Dilansir dari TribunnewsBogor.com, bahwa surat Al Kahfi termasuk surat al-Qur’an yang memiliki beberapa manfaat dan keutamaan bagi yang mengamalkannya apalagi sampai mau menghafalnya.

Rasulullah SAW menganjurkan para umatnya untuk membaca surat Al Kahfi baik pada malam Jum’at maupun di hari Jum’atnya.

Dr. Muhammad Bakar Ismai’l dalam kitab Al fiqh Al Wadhih min kitab wa Al Sunnah pun menjelaskan bahwa amalan yang dianjurkan adalah membaca surat Al Kahfi baik pada malamnya maupun pada hari Jum’atnya.

Mengenai keutamaan dan keistimewaan dari membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at maupun di hari Jum’atnya. Berikut penjelasannya:

  1. Dijauhkan dari segala macam fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW pun bersabda bahwasanya bagi siapa saja yang membaca surat Al Kahfi selain di hari Jum’at, maka orang tersebut akan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

Dalam hadits Ibnu Umar R.A menjelaskan:

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنا ن السماء يضي ء له يوم القيا مة وغفر له ما بين الجمعتين.

Artinya: “Siapa saja yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Dajjal merupakan salah satu tanda datangnya hari kiamat. Dalam sebuah hadits disebutkan:

“Dajjal tidak akan muncul hingga manusia Melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya diatas mimbar- mimbar.” (HR. Ahmad).

Ciri-ciri Dajjal diceritakan hanya memiliki satu mata di dahinya yang bertuliskan “Kaff Fa Ro” yang berarti “Kafir”.

Jika kita bisa istiqamah dalam membaca surat Al Kahfi, maka kita akan dijauhkan dari segala tipu daya Dajjal.

Itu diperkuat oleh hadits-hadits berikut ini:

Barang siapa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan Surat Al Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan Surat Al Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

“Barang siapa diantara kalian yang mendapatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR. Abu Daud)

  1. Mendapatkan ridho Allah SWT serta keberkahan

Dengan membaca surat Al Kahfi juga akan mendekatkan ridho Allah SWT serta memperoleh keberkahan hidup.

Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga ujung kaki, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah bagi dia cahaya antara langit dan bumi.” HR. Ahmad).

Dalam riwayat Abu Sa’id Al Khudri R.A dijelaskan:

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuk nya di antara dua Jum’at.” (HR. Al Hakim: 2/368 dan Al Baihaqi: 3/249).

  1. Memperoleh ampunan dosanya

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda.

“Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at maka akan memperoleh pancaran cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit, dan akan meneranginya kelak di hari kiamat, serta diampuni dosanya antara dua Jum’at.”

Al Mundziri berkata: hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad tidak apa-apa. (Dari kitab Al Targhib wa Tarhib: 1/298)”.

  1. Mendapatkan sinar cahaya kebaikan

Bagi umat muslim yang rajin membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at maupun di malam Jum’at akan mendapatkan pahala serta disinari dengan cahaya kebaikan.

Cahaya kebaikan tersebut akan didapatkan saat hari kiamat nanti, cahaya nya akan terpancar dari kakinya hingga ke langit. Ini didasarkan pada Firman Allah SWT pada surat Al Hadid ayat 12 :

يوم ترى المؤ منين والمؤ منا ت يسعى نو رهم بين أيديهم وبأ يما نهم

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS, Al Hadid : 12).

Itulah manfaat dan keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at maupun di hari Jum’at. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan. #

Tinggalkan Balasan