Keutamaan dan Manfaat Membaca Ayat Kursi

  • Whatsapp
Keutamaan dan Manfaat Membaca Ayat Kursi
Keutamaan dan Manfaat Membaca Ayat Kursi/ilustrasi

KALBARSATU.ID — Keutamaan ayat kursi yang terdapat pada QS surat Al Baqarah ayat 252 adalah sebagai berikut :

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim)

Artinya:
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Ayat Alqur’an ini dinamakan Ayat Kursi karena pada ayat ini terdapat makhluk Allah yang bernama Kursi, yang mana Kursi ini lebih besar dari semua isi langit dan bumi. Namun ada juga sebagian ahli tafsir yang mengatakan bahwa makna kursi adalah ilmu Allah SWT.

Banyak yang beranggapan mengenai ayat Kursi ini, baik pada ayatnya ataupun keutamaan bagi orang yang membacanya. Berikut beberapa keutamaannya :

  • Diriwayatkan oleh imam Muslim, dari ubah bin ka’ab r.a, bahwasanya Rasulullah SAW pernah bertanya, “apakah kau tahu ayat manakah yang paling agung dalam kitab Allah ?” Dan Ubah pun menjawab, “Allah da. Rasulnya yang paling tahu. Rasulpun menjawab, “Alloohu laa ilaa ha illaa huwal qoyyuum.” Lalu, beliaupun menepuk dada dan berkata, “semoga engkau bahagia dengan ilmu yang mau miliki.”
  • Ayat kursi ini juga di anjurkan di baca saat akan tidur agar terhindar dari gangguan setan dan sejenisnya. Disebutkan dalam sebuah riwayat Bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
    “Apabila kau mendatangi tempat tidur (di malam hari) bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi.”
  • Membaca ayat kursi adalah salah satu melenggang ke surganya Allah SWT. Ada sebuah penjelasan di dalam sebuah hadits, “siapa yang membaca ayat kursi setelah melaksanakan shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.”
  • Jika kita bisa membaca Ayat Kursi secara istiqamah dalam semua pekerjaan selama itu baik, maka kita akan dilindungi dari segala macam marabahaya, baik yang sudah jelas maupun tidak jelas. Disebutkan pula dalam hadits lainnya artinya “
    “Bacalah Ayat Kursi, ayat itu akan melindungimu dan keturunanmu. Dan bahkan melindungi rumah-rumah yang bersebelahan dengan sekitarmu.

Membaca ayat kursi akan membuatmu terlindungi dari gangguan mahluk jin dari waktu pagi dan waktu sore, Allah SWT akan selalu melindungimu jika kau membacanya pada saat mendatangi tempat tidurmu dan setan tidak akan berani mendekatimu sampai waktu esok pagi.”

Penulis: Sahudi

Tinggalkan Balasan