Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
Islam

Pengertian Sedekah Dan Keajaibannya

141
×

Pengertian Sedekah Dan Keajaibannya

Sebarkan artikel ini
Pengertian sedekah
Pengertian sedekah dan keajaibannya

KALBAR SATU – Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Sedekah merupakan pemberian seseorang kepada orang lain secara virtual atau sukarela tanpa batasan ataupun jumlah tertentu. Secara lebih luas sedekah ialah menyumbangkan atau mengeluarkan harta dengan ikhlas. Sedekah juga bisa dengan perbuatan baik

Nabi Muhammad SAW menjelaskan : “Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak. Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusu, merupakan sedekah. Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang mungkar merupakan sedekah. Menyingkirkan batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat, merupakan sedekah. Menuntun orang buta menyeberang jalan, merupakan sedekah. Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu, merupakan sedekah. Membantu orang-orang yang lemah dengan kekuatan dua betismu dan dua lenganmu, adalah sedekah. Bahkan senyumanmu ketika berhadapan dengan saudaramu, juga merupakan  sedekah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Advertiser
Banner Ads

Baca juga : Niat Sholat Jumat Lengkap Latin dan Artinya serta Sunah Sunahnya

Dari penjelasan hadis diatas memberikan pemahaman bahwa sedekah mempunyai makna yang luas. Bukan hanya dalam bentuk materi namun juga bisa dengan perbuatan baik. Senyuman dan ucapan yang manis termasuk juga dalam sedekah.

Selain dapat membantu umat muslim dalam kesusahan. Sedekah juga mempunyai banyak keajaiban didalamnya. Sejak kecil orang tua kita sudah mengajarkan agar senantiasa bersedekah dan membantu orang yang sedang kesusahan. Sedekah memiliki banyak manfaat dan keajaiban didalamnya serta menjadi tabungan kita di akhirat kelak. Berikut adalah keajaiban bersedekah yang sangat luar biasa:

1.Mendapatkan balasan yang lebih besar.
2.Mendekatkan kita kepada sang pencipta
3.Menghapus semua dosa
4.Pahala berlipat ganda
5.Dapat menolak bala
6.Didoakan Malaikat
7.Menyehatkan tubuh
8.Membuat hati gembira
9.Memudahkan mencari rezeki
10.Membuat hidup semakin berkah
11.Terhindar dari kesulitan
12.Sedekah lebih utama dari seratus Dirham

Baca juga : Nama Dan Tugas Malaikat Yang Wajib Kita Ketahui

Bersedekah dimasa-masa pandemi Covid-19 akan sangat membantu orang yang membutuhkan bagi mereka yang hanya mengandalkan nasib. Rasulullah mengajarkan umat islam agar menyisihkan sedikit rezekinya untuk orang lain atau biasa disebut dengan sedekah. Hal ini dijelaskan dalam QS Al-Talaq ayat 65; “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Sesungguhnya Allah tidak membebani seorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita