DAFTAR HARI BESAR Bulan Agustus Nasional dan Internasional

DAFTAR HARI BESAR Bulan Agustus Nasional dan Internasional
DAFTAR HARI BESAR Bulan Agustus Nasional dan Internasional

KALBAR SATU- DAFTAR HARI BESAR Bulan Agustus Nasional dan Internasional.

Banyak kejadian penting yang perlu diabadikan dalam setiap momen di bulan Agustus ini. Pada bulan Agustus terdapat banyak hari besar yang patut diperingati. Semua itu tentunya tidak akan lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hari besar Indonesia sering disebut dengan hari Nasional, dan pada hari nasional itulah memiliki arti dan kandungan makna tersendiri.

Adapun peringatan Hari besar juga tidak hanya diperingati untuk sebuah bingkai Nasional. Bahkan ada juga hari besar lainya yang harus diperingati oleh seluruh negara, yakni hari kesatuan internasional.

Seperti Pada tanggal 17 Agustus 1945 misalnya, merupakan simbol kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Tentu ini merupakan momen bersejarah bagsa Indonesia dalam sejarah peradaban Dunia.

Berikut daftar Hari Besar yang tercantum dalam Moment penting hari nasional dan internasional di bulan Agustus 2021:

Baca juga: PREDIKSI BOLA Brazil vs Mesir Perempat Final Sepakbola Olimpiade Tokyo 2021

1.Tanggal 1 Agustus: Hari ASI Sedunia (Internasional)

Hari ASI Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Agustus hingga tanggal 7 Agustus, hari ASI sedunia bertujuan demi mengoptimalkan kesehatan gizi ibu dan anak.

Hari ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) Pertama kali digelar di markas Uneted Nations Childrens Fund (UNICEF) di New York, Amerika Serikat tahun 1991.

2.Tanggal 5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional

Hari Dharma Wanita Nasional diperingati setiap tanggal 5 Agustus setiap tahunnya, hari Dharma Wanita Nasional ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999.

Tujuan utama dari Dharma Wanita adalah untuk meningkatkan kualitas anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

Baca juga: Daftar Perolehan Medali Olimpiade Tokyo 2021 Hari Ini 30 Juli 2021

3.Tanggal 8 Agustus: Hari Ulang Tahun ASEAN

Hari ulang tahun ASEAN diperingati setiap tanggal 8 Agustus setiap tahunnya, hari ulang tahun ASEAN diperingati karena berdirinya Association of South East Asian Nations (ASEAN).

Berdirinya ASEAN dikarenakan keinginan kuat dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk dapat damai, aman, stabil dan sejahtera.

4.Tanggal 9 Agustus: Hari Masyarakat Adat (Internasional)

Hari Masyarakat Adat Internasional diperingati setiap tanggal 9 Agustus setiap tahunnya, Masyarakat Adat diperingati sejak sidang umum PBB tentang Hak-hak masyarakat Adat pada tanggal 13 September 2007.

Baca juga: Sinopsis Badai Pasti Berlalu 31 Juli 2021 Leo Masih Hidup, Helmi Dan Sisca Tercengang Tidak Percaya

Dirayakan dan diperingatinya Hari Masyarakat Adat setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran melindungi populasi masyarakat adat dunia.

5.Tanggal 10 Agustus: Hari Veteran Nasional

Hari Veteran Nasional diperingati berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 30 tahun 2014.

Hari Veteran Nasional diperingati untuk dimaksudkan mengenang jasa-jasa para pahlawan nasional, diantaranya ketika gencatan senjata pada 10 Agustus 1949.

6.Tanggal 10 Agustus: Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) diperingati berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 71 tahun 1995.

Awal Hari Kebangkitan Teknologi Nasional diperingati dengan kesuksesan Indonesia merancang sendiri pesawat terbang modern, saat pesawat N-250 Gatotkaca sukses menjalani uji terbang.

7.Tanggal 12 Agustus: Hari Remaja Internasional (Internasional)

Hari Remaja Internasional (International Youth Day) diperingati setiap tanggal 12 Agustus yang digagas oleh PBB pada tahun 1998.

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 31 Juli 2021 Jadi Tahanan Kota Waktu Elsa Tinggal Beberapa Hari Lagi

Hari Remaja Internasional diperingati untuk merayakan hal-hal yang berkaitan dengan remaja, baik itu berbagi ilmu pengetahuan dan informasi.

8.Tanggal 14 Agustus: Hari Pramuka (Praja Muda Karana)

Hari Pramuka diperingati dan dirayakan pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya, didasari oleh pelantikan pengurus Gerakan Pramuka kepada Ketua Kwartir Nasional.

Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengkubowono IX saat itu dilantik menjadi pengurus Gerakan Pramuka dan penganugrahan Panji-panji Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961.

Baca juga: RAMALAN Zodiak Cinta Sabtu 31 Juli 2021: Zodiak Sedang Mengejar Cinta

9.Tanggal 17 Agustus: Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus, peringatan ini disahkan sejak 17 Agustus 1945 ketika Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta menyatakan proklamasi kemerdekaan dari penjajahan Jepang.

10.Tanggal 18 Agustus: Hari Konstitusi Republik Indonesia

Hari Konstitusi Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 18 Agustus, peringatan ini diperingati karena lahirnya Konstitusi Indonesia.

Hari Konstitusi lahir sejak penetapan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 oleh sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.

11.Tanggal 19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia

Hari Departemen Luar Negeri Indonesia diperingati setiap tanggal 19 Agustus, Kementerian Luar Negeri lahir 2 hari setelah kemerdekaan Indonesia.

Kementerian Luar Negeri dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945, dengan Achmad Soebarjo Sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia pertama.

12.Tanggal 23 Agustus: Hari Internasional Penghapusan Perdagangan Budak

Dapatkan link Twibbon Hari Besar Nasional dan Internasional di halaman ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini. DAFTAR HARI BESAR Bulan Agustus Nasional dan Internasional

Ikuti GOOGLE NEWS atau Join Channel TELEGRAM

Pos terkait