Nasional

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Internasional di Indonesia

454
×

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Internasional di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Internasional di Indonesia
Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Internasional di Indonesia. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU ID, JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung Aspen Medical untuk mendirikan serta mengembangkan rumah sakit internasional di sejumlah wilayah di Indonesia. Ditahap awal Aspen Medical tengah membangun rumah sakit Internasional di Depok Jawa Barat. Menyusul pembangunan rumah sakit internasional lainnya di Cikarang dan Karawang Jawa Barat serta Makassar Sulawesi Selatan.

“Kehadiran rumah sakit internasional di Indonesia diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada warga Indonesia untuk berobat di dalam negeri, sehingga tidak perlu lagi berobat ke luar negeri. Selain untuk mengembangkan wisata medis di Indonesia, dimana warga negara lain mau datang ke Indonesia dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya,” ujar Bamsoet usai menerima CEO Aspen Medical Group Indonesia Andrew Rochford di Jakarta, Senin (25/3/24).

Advertiser
Image
Banner Ads

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Aspen Medical merupakan perusahaan Australia penyedia layanan kesehatan yang didirikan pada tahun 2003. Pelayanan yang diberikan mencangkup bidang desain, konstruksi dan manajemen rumah sakit, klinik serta sistem perawatan kesehatan.

“Selama lebih dari 20 tahun, Aspen Medical telah beroperasi di sejumlah negara. Diantaranya, Australia, Inggris Raya, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, Afrika, Asia serta kawasan Indo-Pasifik. Kini Aspen Medical akan mengembangkan layanan kesehatan berupa rumah sakit internasional di sejumlah wilayah Indonesia,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menuturkan, pada tahun 2020, Aspen Medical dan Docta menandatangani kesepakatan untuk menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau setara Rp 14 triliun di Indonesia dan bekerja sama dengan BUMD Jawa Barat PT Jasa Sarana mendirikan perusahaan joint venture Sanusa Medika. Sanusa Medika menargetkan untuk membangun 23 rumah sakit internasional dan 650 klinik kesehatan di Provinsi Jawa Barat dalam 20 tahun ke depan.

“Tahap pertama Sanusa Medika tengah melakukan pembangunan Rumah Sakit Internasional Aspen Medical Hospital Depok Jawa Barat. Rumah sakit ini didirikan di lahan seluas 12.500 meter persegi di kawasan Shila at Sawangan Depok, dengan investasi sebesar Rp 600-750 miliar. Pembangunan Rumah Sakit Internasional Aspen Medical Hospital Depok telah diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada Juni 2023 lalu,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini memaparkan, kerjasama pembangunan rumah sakit internasional tersebut merupakan hasil nyata dari pertemuan antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Anthony Norman Albanese ketika acara G20 tahun 2022. Sekaligus merupakan wujud kemitraan antara Indonesia-Australia yang tertuang pada Program Kerjasama Ekonomi dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia.

“Aspen Medical Hospital Depok merupakan rumah sakit tipe B berstandar internasional dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 200 unit. Mengusung konsep green hospital dengan fasilitas bangunan modern yang mengedepankan berbagai teknologi yang berkaitan dengan industri hospitality. Kedepan Aspen Medical juga akan membangun dan mengembangkan rumah sakit internasional di wilayah Indonesia Timur yang akan dimulai dari Makassar,” pungkas Bamsoet.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP