News

Hari Raya Waisak 2569 BE: Polres Kubu Raya Pastikan Ibadah Umat Buddha Aman dan Khidmat

112
×

Hari Raya Waisak 2569 BE: Polres Kubu Raya Pastikan Ibadah Umat Buddha Aman dan Khidmat

Sebarkan artikel ini
Hari Raya Waisak 2569 BE: Polres Kubu Raya Pastikan Ibadah Umat Buddha Aman dan Khidmat
Hari Raya Waisak 2569 BE: Polres Kubu Raya Pastikan Ibadah Umat Buddha Aman dan Khidmat. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU ID – Dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak 2569 BE tahun 2024, Polres Kubu Raya telah mengambil langkah-langkah khusus untuk mengamankan sejumlah vihara di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Langkah ini diambil guna memastikan kelancaran dan keamanan umat Buddha yang akan melaksanakan rangkaian ibadah dan perayaan Waisak, Kamis (23/5).

Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, S.I.K., S.H., M.H melalui Kasubsi Penmas Aiptu Ade menyatakan, bahwa pengamanan ini merupakan bagian dari upaya Polres Kubu Raya untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tertib serta memastikan rangkaian ibadah yang dilakukan umat Buddha dalam menyambut Hari Raya Waisak berjalan aman dan khidmat.

Advertiser
Image
Banner Ads

Dalam hal ini, Polres Kubu Raya memfokuskan empat Vihara utama di Kabupaten Kubu Raya. Ade menyebut diantaranya, Vihara Maitreya, Vihara Vajra Bumi Kertayuga, Vihara Purva Vaidurya dan Vihara Vimalakirti yang berlokasi di Jalan Arteri Supadio, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Polres Kubu Raya menurunkan 27 personelnya dalam mengamankan 4 Vihara utama (skala Prioritas), pengamanan ini juga melibatkan jajaran TNI dari Koramil 1207-05/ Sungai Raya maupun pengamanan eksternal masing-masing Vihara.

“Petugas melakukan pengamanan ketat di pintu masuk dan di sekitar area vihara, sembari memastikan arus lalu lintas di sekitar tempat ibadah tetap lancar. Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk mencegah gangguan keamanan namun memberikan rasa khusyukan tanpa rasa khawatir saat umat Buddha melaksanakan ibadahnya,” kata Ade.

“Polres Kubu Raya menurunkan 27 personil dan dalam pengamanan ini, dalam melakukan pengamanan di vihara, kami tetap menjaga kenyamanan para umat Buddha dalam pelaksanaan ibadahnya di 8 Vihara utama,” ungkapnya.

Selain pengamanan fisik, Polres Kubu Raya juga berkoordinasi dengan pihak pengelola vihara untuk memantau situasi di sekitar area ibadah.

“Kapolres Kubu Raya juga menurunkan Tim kesehatan Sidokes Polres Kubu Raya untuk memberikan pelayanan kesehatan darurat apabila ada yang membutuhkan bantuan medis,” terangnya.

Hansel, salah satu umat Buddha yang merayakan Hari Raya Waisak di Vihara Purva Vaidurya menyambut baik atas kehadiran petugas dari Polres Kubu Raya dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga dalam pelaksanaan ibadat merasakan ketenangan.

“Kami merasa lebih tenang dan nyaman dengan adanya pengamanan dari Polres Kubu Raya ditambah lagi adanya tim kesehatan dari Polres Kubu Raya. Kami bisa beribadah dengan khusyuk tanpa khawatir akan keamanan,” terang Hansel.

Lanjut Ade mengucapkan, atas nama Polres Kubu Raya, dirinya menyampaikan ucapan selamat hari raya Waisak kepada seluruh umat Buddha.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban dan saling menghormati agar perayaan ini dapat berlangsung dengan lancar, kepada seluruh umat Buddha. Atas nama Polres Kubu Raya kami mengucapkan selamat hari raya waisak,” ujarnya.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP