News

Ketua LPTK Apresiasi Kinerja Pengelola PPG IAIN Kota Pontianak

PPG IAIN Pontianak 2022
Pengukuhan 342 PPG IAIN Kota Pontianak di Hotel Orchadz Kota Pontianak, Sabtu (24/12/2022).

KALBAR SATU ID, NEWS – Sebagai salah satu LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG), IAIN Kota Pontianak melaksanakan pengukuhan Guru Profesional yang merupakan lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Tahap 1 dan 2 pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 di Hotel Orchadz Gajah Mada Pontianak.

Dekan FTIK IAIN Pontianak Dr. H. Hermansayah, M.Ag selaku ketua LPTK, mengapresiasi kinerja pengelola PPG dalam jabatan di IAIN Pontianak.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan atas kerja keras pengelola; kaprodi, sekprodi, para admin dan seluruh pihak yang terlibat dalam pengelolaan PPG Tahun 2022 ini mulai dari tahap 1 sampai tahap 2, hal ini tak lepas dari komitmen para pihak sehingga dapat terlaksana dengan baik,” katanya dalam acara pengukuhan 342 PPG di Hotel Orchadz Kota Pontianak, Sabtu (24/12/2022).

Baca juga: Pengukuhan 342 PPG, Rektor IAIN Pontianak Syarif: Jadilah Guru Profesional

Baca juga: Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Tahap 2 Lengkap Jadwal dan Syarat

Selanjutnya, Hermansyah menceritakan proses awal terbentuknya PPG di LPTK IAIN Pontianak, PPG di LPTK IAIN Pontianak telah melalui proses panjang, bahwa dimulai 3 periode kepemimpinan FTIK sebelumnya, ia menyebut pengajuan prodi PPG dimulai sejak kepemimpinan (Almh) Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M. Pd sebagai langkah awal, dan kemudian upaya tersebut dilanjutkan oleh Dr. Ali Hasmy, M.Si dan Dr. H. Dwi Surya Atmaja, MA pada periode kepemimpinan mereka sebagai Dekan.

“Kemudian izin penyelenggaraan Prodi PPG dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI. Pendidikan Profesi Guru IAIN Pontianak menjadi LPTK yang secara resmi mendapat izin pada tahun 2021. Perjuangan berat tersebut merupakan usaha bersama sehingga prodi dapat terbentuk dan diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mencetak guru-guru profesional,” lanjut Hermansyah.

Dalam laporannnya, Ana Rosilawati, M. Ag selaku ketua program studi PPG menyampaikan secara rinci jumlah peserta PPG yang mengikuti pengukuhan.

Baca juga: Link dan Login Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Tahap 2 Lengkap Jadwal dan Syarat

Baca juga: Jadwal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022, Login ke Link Resmi ppg.kemdikbud.go.id

“Sebagai salah satu LPTK penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG), IAIN Pontianak melaksanakan pengukuhan Guru Profesional yang merupakan lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada tahap 1 sebanyak 151 orang (berasal Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Sumatra Utara, Aceh, Riau, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara)”.

“Dan tahap 2 sebanyak 191 orang (berasal Mempawah, Jakarta, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Riau). Berarti dari jumlah tersebut, keseluruhan jumlah mahasiswa yang dikukuhkan sebanyak 342 orang yang mana 199 mengikuti secara luring/langsung dan 143 orang hadir melalui aplikasi Zoom Meeting. Alhamdulillah, di tahun 2022 ini LPTK IAIN Pontianak masuk rangking 9 terbaik (89% kelulusan) dari 28 LPTK yang ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia,” papar Hermansyah.

Selain itu, Hermansyah ucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif yang selalu mengarahkan dan memberikan masukan terkait pengelolaan PPG IAIN Pontianak, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang selalu berkoordinasi dan memberikan semangat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat yang selalu memberikan pelayanan informasi yang baik, serta Lembaga/Kementerian di tingkat Kabupaten/Kota yang berkolaborasi dalam memberikan beasiswa APBD kepada mahasiswa PPG di LPTK IAIN Pontianak.

Baca juga: Terapkan Prokes Covid-19, Untan Laksanakan Tes UP PPG Daljab Akhir 2020

Baca juga: Mengenal Syarif Sosok Akademisi Kalimantan Barat

“Semoga kerjasama ini tetap terjaga sebagai upaya dalam membentuk Guru Profesional di masing-masing Daerah khususnya, dan untuk Indonesia pada umumnya,” imbuhnya.

Ditemui setelah acara, salah seorang guru bernama Fuad Ma’ruf Nur asal Jakarta mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada LPTK IAIN Pontianak, para dosen dan pengelola PPG atas kesempatan yang diberikan untuk menimba ilmu kependidikan melalui program Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan

“Hari ini, semua lelah yang kami rasakan dalam beberapa bulan yang lalu, sirna bernti kebahagiaan da haru setelah menerima Sertifikat dan Transkip Nilai,” ujarnya.

Acara Pnegukuhan dan Sumpah Profesi ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh KH. Dulhadi, M.Pd sebagai salah seorang dosen IAIN Pontianak diikuti oleh semua peserta pengukuhan dengan penuh khidmat.

Baca juga: Mengenal Ir Bride Suryanus Bakal Calon DPD RI Dapil Kalbar

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Exit mobile version