News

Lasarus: Pemerintah Pusat Kucurkan Rp19 Miliar untuk Pugar Rumah Betang Lunsa Hilir

357
×

Lasarus: Pemerintah Pusat Kucurkan Rp19 Miliar untuk Pugar Rumah Betang Lunsa Hilir

Sebarkan artikel ini
Lasarus Kalbar
Lasarus: Pemerintah Pusat Kucurkan Rp19 Miliar untuk Pugar Rumah Betang Lunsa Hilir, yang berada di Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu.

KALBAR SATU, NEWS –  Rumah Betang Lunsa Hilir yang berada di Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu dipastikan akan segera dipugar. Kepastian pemugaran bangunan cagar budaya itu diutarakan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus saat memberikan Sosialisasi Rehabilitasi Rumah Betang Lunsa Hilir, Kamis (06/04/2023).

Lasarus menjelaskan bahwa realisasi pemugaran ini berawal dari kunjungannya bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada tahun 2022 lalu. Pada kunjungan itu, dirinya menerima permintaan dari masyarakat agar rumah betang itu dilakukan pemugaran.

Advertiser
Image
Banner Ads

Baca juga: Lasarus Bicara tentang Air Bersih dan Sanitasi di Forum Internasional

Lasarus lantas merespons permintaan tersebut dengan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar mengucurkan anggaran untuk rehabilitasi rumah betang. Setelah melalui pembahasan di DPR, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR pun langsung menyetujui usulan itu dengan menggelontorkan dana sebesar Rp19 miliar.

“Tolong didukung selama kegiatan ini rehabilitasi berlangsung karena tidak mudah kita membawa anggaran dari pusat itu bisa turun ke sini. Bapak ibu tahu sendiri bagaimana saya berjuang supaya rumah betang ini bisa direnovasi sampai-sampai Menteri PUPR saya bawa berkunjung ke sini tahun lalu. Kalau ada hal-hal yang mengganjal, didiskusikan cara penyelesaiannya dengan cara yang baik-baik. Nanti kalau ini dan waterfront sudah selesai, saya akan upayakan supaya Pak Menteri PUPR yang datang meresmikan,” ujarnya.

Baca juga: Harapan Lasarus kepada DAD Kalbar: Jaga Keharmonisan Suku di Kalimantan Barat

Setelah nanti selesai dipugar, Lasarus meminta kepada semua penghuni untuk merawat rumah betang ini dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya merawat bangunan fisiknya, tetapi juga solidaritas antarwarganya.

“Jangan sampai sudah kita tata rapi-rapi, karena kita lengah lalu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Yang jauh lebih penting lagi adalah jangan sampai rumahnya saja yang bagus tetapi isinya tidak. Kebersamaan, solidaritas, gotong royong antarsesama harus bagus juga,” pintanya.

Baca juga: Pembangunan Waterfront Putussibau Dimulai, Lasarus: Tahun Depan Sudah Bisa Digunakan

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar ini juga meyakini, setelah nantinya rampung dipugar, Rumah Betang Lunsa Hilir berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Kapuas Hulu.

Guna mendukung potensi itu, masyarakat yang mendiami rumah betang pun dimintanya untuk berupaya menarik minat wisatawan agar mau berkunjung ke tempat tersebut.

Baca juga: Ketua Komisi V DPR RI Lasarus Sebut Rumah Menteri di IKN Senilai Rp14 Miliar Terlalu Mahal

“Kalau sudah bagus pasti banyak yang mau datang. Nanti silakan bapak ibu berkreasi semaksimal mungkin supaya makin ramai yang datang ke sini. Mau atraksi budaya, bikin kain tenun, pernak-pernik, atau manik-manik langka yang hanya bisa ditemukan di sini, silakan. Dengan begitu, maka kita-kita yang di sini pun bisa memperoleh manfaat dari sisi ekonomi,” imbuhnya.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP