News

Momentum Maulid, Lasarus: Nabi Muhammad Pemimpin yang Mempersatukan

138
×

Momentum Maulid, Lasarus: Nabi Muhammad Pemimpin yang Mempersatukan

Sebarkan artikel ini
Lasarus Kalbar
Lasarus, S.Sos., M.Si, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar dan Ketua Komisi V DPR RI

KALBAR SATU ID, PONTIANAK – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyebut Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang patut menjadi menjadi teladan bagi seluruh umat manusia. Menurut Lasarus, kepribadian Nabi Muhammad tidak hanya patut diteladani oleh umat Islam semata, tetapi juga bagi umat beragama lain.

“Saya banyak berteman dengan para ulama dan kyai yang banyak tahu soal Nabi Muhammad. Saya sendiri pun sering kali membaca kisah-kisah tentang Nabi Muhammad SAW sehingga sedikit banyak saya tahu kalau beliau bukan sekadar pemimpin umat Islam semata. Lebih jauh dari itu, ternyata beliau juga adalah negarawan, pedagang yang jujur, pemimpin militer terhebat, dan pejuang kemanusiaan. Dengan profil sehebat itu, maka sangat patut jika kita menjadikan Nabi Muhammad sebagai teladan,” ucap Lasarus dalam keterangan pers yang dibagikannya kepada awak media, Sabtu (08/10/2022).

Advertiser
Image
Banner Ads

Baca juga: HUT TNI ke-77, Lasarus Berharap Semakin Menyatu dengan Rakyat

Baca juga: Gelar Rakercab, PC IPNU Kubu Raya Siap Wujudkan Organisasi Yang Solid dan Progresif

Lasarus juga mengaku sering membaca kisah-kisah monumental Nabi Muhammad di masa silam. Salah satu kisah yang membuatnya kagum ialah keberhasilan Nabi Muhammad dalam mempersatukan beberapa golongan di Kota Madinah. Lewat perjanjian Piagam Madinah yang diprakarsainya, Rasulullah berhasil menyelesaikan konflik ratusan tahun yang melibatkan dua kabilah besar di kota tersebut.

Baca juga: Pemkot dan Kemenag Bekerjasama Dalam Pembinaan Lembaga Keagamaan se-Kota Pontianak

Baca juga: Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Sujiwo: Bukan Waktunya Saling Menyalahkan

“Piagam Madinah adalah jejak bahwa Nabi Muhammad itu sosok yang merekatkan persatuan antarumat beragama di Madinah. Ketika agama-agama seperti Yahudi, Kristen, dan suku-suku lain saling bertikai, Nabi Muhammad hadir membawa konsep yang bisa menyatukan mereka semua,” ujarnya.

Baca juga: Hasto Buka Rakerda III PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus Paparkan Progres Pembangunan Kantor Partai

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat tersebut, cara Nabi Muhammad dalam mempersatukan penduduk Madinah itu patut ditiru oleh para pemimpin di tanah air. Sebab kata dia, konsep tersebut cocok diterapkan oleh pemimpin di Indonesia guna menciptakan hubungan masyarakat yang harmonis.

Baca juga: Gadis ABG Open BO via MiChat Terungkap Lewat Razia Prostitusi Online, Berapa Tarif Sekali Kencan? Simak Faktanya

“Saya kira apa yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad di Madinah bisa ditiru oleh pemimpin-pemimpin kita di tanah air demi merawat jalinan yang harmonis antarmasyarakat,” pungkasnya.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP