News

PDI Perjuangan Kalbar Bidik Lima Kursi DPR RI

311
×

PDI Perjuangan Kalbar Bidik Lima Kursi DPR RI

Sebarkan artikel ini
PDI Perjuangan Kalbar Bidik Lima Kursi DPR RI
PDI Perjuangan Kalbar Bidik Lima Kursi DPR RI. FOTO/Istimewa.

KALBAR SATU, PONTIANAK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat resmi mendaftarkan 65 calon anggota legislatif (caleg) DPRD provinsi ke Kantor KPU Kalbar, Kamis (11/5/2023). Sebanyak 65 caleg itu akan bertarung di 8 daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2024 mendatang.

Pendaftaran caleg ini dipimpin langsung Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lasarus. Proses pendaftaran diwarnai pawai budaya dan atraksi kesenian yang diikuti ratusan kader dan simpatisan partai.

Advertiser
Image
Banner Ads

“Kurang lebih pukul 10 tadi kami diterima oleh KPU dan seluruh berkas kami dinyatakan lengkap ditandai dengan penyerahan berita acara. PDI Perjuangan mendaftarkan 65 caleg DPRD Provinsi Kalbar untuk Pemilu 2024. Jumlahnya 42 orang caleg laki-laki dan 23 caleg perempuan dengan sebaran 8 dapil yang ada di Kalbar,” kata Lasarus saat memberikan keterangan pers di Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah Pontianak, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Jadi Kurir Sabu, Janda Pirang Membawa 507,87 Gram Ditangkap Saat Menuju Pontianak Surabaya

Baca juga: Pawai Budaya Warnai Pendaftaran Caleg PDI-P Kalbar ke KPU

Dari 65 caleg yang didaftarkan, Lasarus optimis perolehan 15 kursi PDI Perjuangan di DPRD Kalbar saat ini bertambah menjadi 20 pada Pemilu 2024 mendatang.

Untuk memenuhi target tersebut, PDI Perjuangan akan memadukan caleg petahana dan wajah-wajah baru di daerah pemilihan yang berpotensi dapat tambahan kursi.

“Sekarang posisinya 15 kursi target kami 20 kursi DPRD Kalbar. Ada banyak wajah baru yang kami ikutsertakan. Kami melihat latar belakang, profesional, demografi penduduk yang ada di masing-masjng dapil. Tentu itu tak bisa dikesempingkan. Setiap caleg harus punya basis dan setiap basis punya demografi yang berbeda-beda. Ini menjadi dasar kami dalam mengambil keputusan terkait siapa-siapa nanti yang akan dicalonkan di dapil-dapil yang sudah ada,” paparnya.

Baca juga: Lasarus Resmikan Jembatan Keberak, Proyek Mangkrak Belasan Tahun

Selain target 20 kursi DPRD Kalbar, Lasarus juga membidik tambahan satu kursi DPR RI dari dua dapil yang ada di Kalbar. Satu kursi tambahan itu pun diyakini Lasarus akan disumbangkan oleh wajah baru.

Baca juga: PDI Perjuangan Kalbar Siap Daftarkan Caleg ke KPU Provinsi

“Tak muluk-muluk target kami. Satu saja tambahannya dari 4 yang sudah ada sekarang. Pak Cornelis dan Ibu Maria Lestari masih akan bertarung di dapil Kalbar 1, sementara di dapil 2 saya dan Pak Krisantus juga masih akan maju. Kemudian ada wajah baru yang juga supporting kami namanya Pak Sukiryanto. Beliau ini anggota DPD RI sekarang sudah sah bergabung dan sudah kami daftarkan sebagai calon anggota DPR RI pada Pileg mendatang,” tandasnya.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP