Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
News

Pemerintah Desa Sungai Enau Siap Bawa Usulan dari Sekolah Lapang ke Musrembangdes

309
×

Pemerintah Desa Sungai Enau Siap Bawa Usulan dari Sekolah Lapang ke Musrembangdes

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Desa Sungai Enau Siap Bawa Usulan dari Sekolah Lapang ke Musrembangdes
Pemerintah Desa Sungai Enau Siap Bawa Usulan dari Sekolah Lapang ke Musrembangdes. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU ID – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PCNU Kubu Raya bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sungai Enau menggelar kegiatan penggalian usulan guna mewujudkan desa ingklusif bertempat Aula Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mador B, Kabupaten Kubu Raya, pada senin, (4/9/23).

Kegiatan dihadiri oleh pemerintah desa setempat, pendamping desa, BPD dan keterwakilah dari beberapa kelompok minoritas.

Advertiser
Banner Ads

“Kegiatan yang digagas oleh Lakpesdam Kubu Raya tersebut bertujuan menggali keinginan dan harapan dari beberapa masyarakat minorritas seperti disabikitas, residivis, atau dari kelompok etnis dan agama minoritas lainnya,” kata Surtini saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, sekolah lapang ini merupakan wadah dan organisasi kecil yang diangkat oleh pemerintah desa yang di antara tugasnya adalah menyerap aspirasi masyarakat minoritas agar semua masyarakat di Desa Sungai Enau merasa dirangkul dan didengar pendapatnya oleh pemdes. Bahkan, lanjut Surtini, dengan begitu tidak ada lagi kecemburuan sosial atau merasa dikucilkan di lingkungan setempat.

Sementara Ketua Lakpesdam Kubu Raya M Dardiri dalam kegiatan tersebut mengajak warga semangat dan saling membangun kerjasama yang baik agar ke depannya desa ini menjadi tanggung jawab bersama.

“Tidak hanya dipikul oleh seorang saja, namun oleh siapa pun yang merasa menjadi warga Desa Sungai Enau. Apalagi desa ini memiliki pemimpin yang amanah, menginspirasi dan bahkan sudah tampil di berbagai media massa (tv),” ajaknya.

Dardiri menjelaskan, Desa Sungai Enau pada dasarnya sudah menyelenggarakan musdes marginal hal itu dilakuan sesuai intruksi undang-undang.

“Setelah kedatang tim Lakpesdam, dengan membawa niat baik ini menjadikan desa kami lebih inklusif dan akuntabel” paparnya.

Pada pemateri pertama, disampaikan oleh Rendra yang merupakan pendamping desa Kecamatan Kuala Mandor B, dalam penjelasannya pembangunan desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan lehidupan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Kemudian, kehadiran sekolah lapang membawa angin segar. Tidak sebagai duri dalam daging. Kami hanya membantu meringankan tugas desa dalam mewujudkan pemberdayaan dan mencitakan desa inklusif dan akuntabelitas.

Semoga pihak desa dan tentunya pengurus sekolah lapang menyambut baik dan menjadi tim solid serta dapat bekerja sama dengan baik dam membangun desa ini, pungkas Surtini, Koordinator Tim Teknis dari Lakpesdam PCNU Kubu Raya sebagai fasilitator dan pemateri kedua.

Baca juga: Lakpesdam NU dan Desa Kalibandung Gelar Usulan Pembangunan dari Kelompok Marginal

Adapun gagasan yang dihasilkan dari penggalian usulan di antaranya: warga menginginkan pemberdayaan seperti pelatihan pertanian, pupuk, penambahan posyandu, ambulan darat, penyediaan ruang pasar sederhana serta sarana olahraga bagi pemuda dan alat bagi disabilitas.

Terakhir, setelah semua rangkaian kegiatan berjalan dengan baik, selanjutnya ditutup oleh ustad Zainal yang dipandu oleh Ahmad Bukhari.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita