Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
News

Ratusan Bendera Merah Putih Dibagikan Kepada Tokoh Adat Lintas Etnis Di Kabupaten Kubu Raya

285
×

Ratusan Bendera Merah Putih Dibagikan Kepada Tokoh Adat Lintas Etnis Di Kabupaten Kubu Raya

Sebarkan artikel ini
Ratusan Bendera Merah Putih Dibagikan Kepada Tokoh Adat Lintas Etnis Di Kabupaten Kubu Raya
Ratusan Bendera Merah Putih Dibagikan Kepada Tokoh Adat Lintas Etnis Di Kabupaten Kubu Raya. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU ID – Menyambut Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 tahun, Perkumpulan Merah Putih (PMP) sebagai organisasi berkumpulnya tokoh adat budaya di Kabupaten Kubu Raya laksanakan Pagelaran Seni Budaya Nusantara Lintas Etnis yang dipusatkan di Lapangan Borneo Icon Kubu Raya pada hari Sabtu (12 Agustus 2023).

Pagelaran Seni Budaya Nusantara Lintas Etnis ini dilakukan dengan menampilkan berbagai seni tradisonal dari semua etnis yang ada di Kabupaten Kubu Raya, mulai Seni Tari Tradisional, Musik Tradisional hingga Budaya adat tradisional lainnya.

Advertiser
Banner Ads

Hadir dalam pembukaan Pagelaran Seni Budaya Nusantara Lintas Etnis, Ketua PMP Kalbar, H Sukiryanto, S.Ag, Pembina PMP Kubu Raya, H Sujiwo, SE, M.Sos, Ketua DPRD Kubu Raya, H Agus Sudarmansyah, Waka Polres Kubu Raya, Kompol Hilman Malaini, SH., S.I.K., BIN Kubu Raya, M Faisal.

Tampak Hadir juga, Kaban Kesbangpol Kubu Raya, Drs Amini Maros, M.Si, Kepala Dinas Pemuda Olahra Dan Pariwisata (Porapar) Kabupaten Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat, Plt Camat Sungai Ambawang, Jurin, Camat Sungai Raya serta Perwakilan Kepala Desa di Kubu Raya.

Dalam laporannya Ketua PMP Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul mengatakan bahwa gelar budaya Nusantara Lintas ini merupakan wujud ekspresi mayarakat Adat di Kabupaten Kubu Raya dalam memperingati HUT RI Ke-78 dan HUT Bhayangkara ke-77 sebagai bentuk merawat dan menjaga keberagaman sebagai kekuatan menjaga NKRI.

“Pagelaran Seni Budaya Nusantara Lintas Etnis ini kami laksanakan sebagai wujud penghargaan kami atas perjuangan para pahlawan kita yang telah memperjuangkan Kemerdekaan di Negeri ini, pada kegiatan ini kami juga membagikan Bendera Merah Putih kepada Tokoh-tokoh Adat yang nanti juga akan diberikan kepada masyarakatnya masing-masing,” jelas Edi.

Edi Mengatakan Kemerdekaan ini harus terus dijaga, Persatuan dan Kesatuan NKRI ini juga harus terus terawat, Seni Budaya merupakan salah satu cara untuk mewujudkan semua itu, Dalam Moment HUT Bhayangkara ke-77 dan Menyambut HUT RI Ke-78 sebanyak 17 Etnis kemudian berkomitmen melakukan kegiatan Gelar Budaya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Kubu Raya, H Muda Mahendrawan yang dibacakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakan Kesbangpol) Kabupaten Kubu Raya, Drs Amini Maros, M.Si mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Rya ini.

“Atas Nama Pemerintah Daerah kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PMP yang merupakan wadah Organisasi Lintas Etnis di Kubu Raya, menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan bangsa adalah tugas kita semua, Kami sangat Mensuport Kegiatan Gelar Budaya Nusantara dan Pembagian Bendera Merah Putih kepada masyarakat ini,” ucap Amini Maros.

Kakan Kesbangpol Kubu Raya menyampaikan Pembagian Bendera Merah Putih ini juga merupakan Program Pemerintah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dengan membagikan Bendera kepada seluruh masyarakat termasuk pada kegiatan PMP Kabupaten Kubu Raya ini.

Hal senada disampaikan Pembina Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya, H Sujiwo, SE, M.Sos yang mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Pengurus PMP Kubu Raya yang terus berkomitmen menjaga komunikasi lintas etnis di Kabupaten Kubu Raya dan menjaga pelestarian budaya seperti yang dilaksanakan ini.

“Teruslah melakukan hal terbaik dan menjaga serta menjaga Pluralisme, keragaman budaya menjadi kekuatan dalam menjaga NKRI, saya melihat PMP Kubu Raya selama ini selalu malakukan ini dengan semangat kebersamaan lintas Etnis,” ucapnya.

Pembina PMP yang juga Wakil Bupati Kubu Raya ini berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang kedepannya bisa dikemas dengan lebih baik dengan melibatkan semua elemen sehingga menjadi momentum menjaga Persatuan dan Kesatuan dalam bingkai NKRI.

Dalam Sambutannya Kapolres Kubu Raya, AKBP Arif Hidayat, SH, S.I.K yang dibacakan Wakapolres, Kompol Hilman Malaini, SH., S.I.K., mengatakan bahwa keberadaan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya bagi Polres sangat membantu dan sangat berperan aktif dalam menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Keberadaan PMP Kubu Raya ini sangat membantu kami, komunikasi intensif bersama Polres terus dijalin melalui para Tokoh Adat dan Ketua Organisasi Adat di Kubu Raya ini, Kami atas nama Polres Kubu Raya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerjasama selama ini,” ucapnya.

Pagelaran Seni Budaya Nusantara Lintas Etnis dibuka secara resmi oleh Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Provinsi Kalimantan Barat, H Sukiryanto, daam sambutannya ia mengatakan apresiasi atas inisiatif kreatif Pengurus PMP Kubu Raya selama ini.

“PMP Kubu Raya ini memang sangat aktif dalam menginisiasi kegiatan sebagai upaya merwat dan menjaga komunikasi dengan semua organisasi adat budaya sehingga keharmonisan antar etnis di Kubu Raya ini terus terjaga, sebagai Ketua PMP Kalbar kami akan terus mensuport kegiatan Positif ini apalagi moment kali ini menyambut HUT RI ke-78 tahun,” ujarnya.

Pembukaan Pagelaran Seni Budaya Nusantara Lintas Etnis ditandai dengan Pembagian Bendera Merah Putih kepada Ketua-ketua dan Tokoh Adat se-Kabupaten Kubu Raya yang kemudian akan dibagikan keada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita