Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
News

Rumah Dilan KSP Wakili Kalbar di Ajang Galery Pelangi Tingkat Nasional

249
×

Rumah Dilan KSP Wakili Kalbar di Ajang Galery Pelangi Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini
Rumah Dilan KSP
Serah terima berkas penetapan Rumah Dilan Kreasi Sungai Putat (KSP) sebagai perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dalam ajang Galery Pelangi Tingkat Nasional oleh Ibu Tita Selati Sundari Ketua Bidang 2 Tim Penggerak Provinsi Kalimantan Barat Kepada ketua Rumah Dilan (KSP) Syamhudi, pada Selasa (30/05/23).

KALBAR SATU ID – Rumah Pendidikan dan Pelatihan (Dilan) Kreasi Sungai Putat (KSP) Kota Pontianak berhasil mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada ajang lomba Galery Pelangi yang bakal digelar pada bulan Juni 2023.

“Diluar ekspektasi, ini merupakan suatu penghargaan dan kepercayaan bagi Kreasi Sungai Putat menjadi perwakilan Provinsi menuju ke tingkat Nasional,” kata Syamhudi, Ketua Kreasi Sungai Putat saat diwawancara setelah kegiatan Pembinaan dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa, (30/05/23).

Advertiser
Banner Ads

Syamhudi mengatakan, Kreasi Sungai Putat bergerak sejak tahun 2011 an. Awalnya pergerakan diawali semangat gotong royong dengan pendekatan gerakan peduli sungai atau parit di Kota Pontianak.

Kemudian, lanjut Syamhudi, sampai saat ini setelah kurang lebih 8 tahun berjalan, masuk pada ranah ekonomi kreatif dengan berbentuk ekosistem ekonomi sekular.

Baca juga: Waketum PBNU Hadiri Haflah Iktitam Alfiyah Ibnu Malik 1002 Bait Di Ponpes Walisongo Pontianak

“Ekonomi sekular ini melibatkan banyak sektor, pertama Pekarangan yang fokusnya di budi daya maggot untuk mengurai sampah-sampah organik yang ada di Kota Pontianak kemudian ada sampah non organik,” ucap Syamhudi.

“Kedua ada batik tulis, batik tulis ini adaptasi dengan corak-corak khas Kalimantan Barat. Lalu ada pertanian terpadu yang diperkuat lagi pasca pandemi,” sambungnya.

Menurutnya, sejauh ini banyak pihak yang sudah berkontribusi memberi jalan untuk Kreasi Sungai Putat. Baik itu di pemerintahan maupun masyarakatnya.

“Banyak yang memberikan akses untuk menindak lanjuti kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan KSP misalnya dari sektor ekonomi kreatif kita sudah terhubung dengan deklanasda baik itu Provinsi maupun Kota,” terang Syamhudi.

Baca juga: PAPDESI Kalimantan Barat Siap Dukung Pemilu Tahun 2024 Yang Aman Dan Damai

“Sementara di sektor batik juga sudah terhubung dengan tim penggerak PKK maupun tingkat kota maupun Provinsi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Syamhudi berharap minimal dengan terbentuknya dan adanya apresiasi seperti ini menjadi bagian terpenting untuk tetap memberikan manfaar seluas-luasnya ke masyarakat agar terbentuk masyarakat-masyarakat yang terlatih dan mandiri.

“Masyarakat harus memiliki inisiatif supaya tetap survaif dalam kondisi apapun tanpa melanggar hak atau aturan supaya lingkungan tetap lestari,” tuturnya.

Sementara Ibu Camat Pontianak Utara, Eka Dini Wahyuni menyampaikan sangat mendukung Kreasi Sungai Putat kedepannya, sebab galery pelangi ini merupakan program Nasional oleh PKK pusat dimana ada lima kategori.

“Rumah Pendidikan dan keterampilan telah menetapkan Kreasi Sungai Putat kelurahan Siantan Hilir sebagai salah satu filed project mewakili Provinsi untuk dinilai ditingkat Nasional,” ungkapnya.

Baca juga: Jalan Sehat RAKERNAS IKA-PMII Di Pontianak Berhadiah 21 Paket Umroh Gratis

Dia pun menambahkan, ini hal yang sangat positif dan memang perlu mendapat apresiasi serta harus difasilitasi pengembangannya karna terbukti sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat.

“Kreasi Sungai Putat telah berbagi ilmu, berbagi keterampilan, untuk masyarakat sekitar yang muaranya adalah peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Eka.

Eka berharap, kedepan semakin banyak pihak yang mengetahui, seamin banyak pihak yang turut berkontribusi untuk rumah dilan sehingga berbagai keterampilan itu bisa dikembangkan dari rumah dilan untuk peningkatan keterampilan masyarakat.

“Masyarakat harus memiliki daya saing, daya juang dengan keterampilan yang mereka miliki dan pada akhirnya menimbulkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Senada dikatakan, Ibu Tita Selati Sundari Ketua Bidang 2 Tim Penggerak Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan, Kreasi Sungai Putat banyak kegiatannya.

Baca juga: Suib Sebut Jalan Sehat Jadi Tanda Perekat Hubungan PMII Dan Masyarakat Kalbar

Tidak hanya itu, dirinya juga sangat bangga karena kegiatan Kreasi Sungai Putat yang cukup banyak ini sudah di rintis dari masa pandemi kemaren dan alhamdulillah kreasi ditetapkan sebagai filed projek rumah dilan untuk kota pontianak.

“Terus berkembang, semakin banyak yang bisa diberikan kepada masyarakat sekitar dan semoga bermanfaat khususnya masyarakat sekitar kota pontianak,” tandasnya.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita