News

Satu Abad NU di Sintang, Lasarus Puji Eksistensi Nahdlatul Ulama Merawat Pancasila

186
×

Satu Abad NU di Sintang, Lasarus Puji Eksistensi Nahdlatul Ulama Merawat Pancasila

Sebarkan artikel ini
Lasarus PCNU Sintang
Lasarus saat menghadiri Peringatan Satu Abad NU di Pondok Pesantren Al Iman Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Selasa (21/02/2023).

KALBARSATU.ID, SINTANG – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memuji eksistensi Nahdlatul Ulama (NU) dalam merawat ideologi Pancasila. Lasarus menilai, konsistensi NU dalam menjaga Pancasila telah berhasil menghalau ideologi transnasional yang berupaya mengancam keutuhan NKRI.

Pernyataan itu disampaikan Lasarus saat menghadiri Peringatan Satu Abad NU di Pondok Pesantren Al Iman Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Selasa (21/02/2023).

Advertiser
Image
Banner Ads

Baca juga: Tahun Baru 2023, Lasarus Ajak Masyarakat Rawat Semangat Optimisme Bayang-bayang Resesi Global

Peringatan Harlah 100 Tahun organisasi Islam terbesar di Indonesia yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sintang itu menghadirkan Wakil Ketua PBNU KH. Zulfa Mustofa sebagai penceramah.

“Di usia Satu Abad, NU makin berdiri kokoh sebagai benteng NKRI dan Pancasila dari infiltrasi ideologi asing. Soal komitmen NU dalam merawat NKRI, saya kira tidak perlu diragukan lagi,” kata Lasarus.

Baca juga: Ketua Komisi V DPR RI Lasarus Sebut Rumah Menteri di IKN Senilai Rp14 Miliar Terlalu Mahal

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar itu juga mengatakan bahwa konsistensi NU membentengi NKRI dari infiltrasi ideologi asing merupakan satu di antara keberhasilan yang ditorehkan Nahdlatul Ulama di abad pertamanya.

Memasuki abad kedua, Nahdlatul Ulama diharapkan Lasarus dapat mempertahankan torehan tersebut dan terus memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara.

Baca juga: HPN 2023, Lasarus: Pers Berandil Besar bagi Kejayaan PDI Perjuangan

“Kalau bukan karena NU, saya tidak yakin bangsa kita bisa sedamai, setoleran, dan serukun sekarang. NU dengan trilogi ukhuwahnya (Islamiyah, Wathaniyah, dan Basyariyah) telah menggiring bangsa kita menjadi bangsa yang mampu menjaga hubungan baik antara masyarakat, agama dan negara,” tuturnya.

Lasarus menambahkan bahwa dirinya memang bertanggung jawab untuk berkontribusi terhadap Nahdlatul Ulama mengingat peran aktif organisasi Islam tersebut dalam mengawal kebangsaan, menjaga Pancasila, dan merawat pluralisme.

Baca juga: Lasarus Bicara tentang Air Bersih dan Sanitasi di Forum Internasional

Dirinya pun berharap agar jalinan Nahdlatul Ulama dan PDI Perjuangan menjadi sebuah hubungan simbiosis mutualisme yang saling memberikan manfaat.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP