News

Seminar Enterpreneurial Marketing di Vietnam: Kupas Pergerakan dan Analisa Pemasaran Dunia

2
Hanoi Vietnam
Seminar Enterpreneurial Marketing di Vietnam: Kupas Pergerakan dan Analisa Pemasaran Dunia,- FOTO/Istimewa

Kalbar Satu, Internasional – Kemajuan teknologi yang mengglobal kian mendalami dunia pemasaran. Sudah seharusnya teknologi mempermudah kebutuhan manusia yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis untuk memperoleh hasil optimal dengan kombinasi dua kekuatan yaitu, mesin dan manusia.

Berangkat dari itu, sang begawan pemasaran Indonesia, Hermawan Kartajaya, memaparkan Entrepreneurial Marketing dalam seminarnya di MarkPlus ASEAN, bertajuk “ENTREPRENEURIAL MARKETING : MARKETING VỚI TƯ DUY DOANH CHỦ” pada 1 Maret 2023 di Hanoi, Vietnam.

Advertiser
Banner Ads

Baca juga:

Dalam perhelatan ini, Hermawan Kartajaya selaku Co-Founder of World Marketing Forum dan Chairman of Asia Marketing Federation, memaparkan Technology for Humanity and Entrepreneurial Marketing bersama dengan tiga profesional pemasaran yaitu Rohit Verma as Founding Provost Vin University and Professor College of Business Management, To Nam Phuong as EVP of FPT Television and Director of International Relation Department of FPT Telecom, and Tung Lee as Chief of Strategic and Marketing Officer SunGroup.

Hermawan Kartajaya menjelaskan Entrepreneurial Marketing merupakan proses marketing dengan rencana bisnis untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Baca juga:

“Marketing itu harus bisa menyesuaikan apa yang customer inginkan. Ada faktor penggerak perubahan yang harus diperhatikan seorang marketer. Ekonomi jadi poin utama, selebihnya teknologi, budaya sosial, pasar, serta politik dan hukum, yang jadi penggerak perubahan marketing dimana setiap konsumen harus berani melangkahkan kakinya untuk dapat maju dan berkembang mengikuti arus perubahan global,” pungkas Hermawan.

Sebagai penggagas buku pemasaran dunia, Hermawan Kartajaya memaparkan konsep dasar dari entrepreneurial marketing dan cara mengaplikasikannya di dalam bisnis yang Ia singgung dalam buku Marketing 5.0.

Baca juga:

Dalam hal ini, Marketing 5.0 merupakan elevasi dari Marketing 4.0 yang berkaitan dengan teknologi serta Marketing 3.0 yang bersifat kemanuasiaan.

Oleh karena itu, konsep utama dari Marketing 5.0, yaitu bagaimana manusia mencari teknologi yang tepat untuk membantu keperluan mereka, seperti pemasaran.

Baca juga:

Hermawan menjelaskan adanya 4C Analysis (Change, Customer, Company, dan Competitor) yang termasuk dalam pengertian marketing.

Ia menjelaskan bahwa marketer harus tahu the future of the customer needs (masa depan), bukan present (saat ini).

Selain itu, memahami perusahaan juga diperlukan untuk mengetahui langkah apa yang dapat dilakukan bila terjadi perubahan pergerakan.

Baca juga:

Hal terpenting juga diperlukan untuk memahami kompetitor, agar dapat mengembangkan pola pikir yang berbeda.

Exit mobile version