News

Sosialisasi 4 Pilar di Bengkayang, Maria Lestari: Pesan Bung Karno, Urusan Pangan Adalah Hidup Matinya Bangsa

153
×

Sosialisasi 4 Pilar di Bengkayang, Maria Lestari: Pesan Bung Karno, Urusan Pangan Adalah Hidup Matinya Bangsa

Sebarkan artikel ini
Maria Lestari
Anggota MPR RI Maria Lestari (tengah) saat menyampaikan materi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di aula Wisma Jovan Kabupaten Bengkayang pada Senin, 04 Februari 2022,- FOTO/istimewa.

BENGKAYANG, KALBAR SATU – Bung Karno berpesan bahwa urusan pangan adalah hidup matinya sebuah bangsa. Itu disampaikannya dalam pidato peletakan batu pertama Fakultas Pertanian Universitas Indonesia yang sekarang bernama Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 27 April 1952 silam.

Hal itu diutarakan Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari saat menggelar Sosialisasi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika, di aula Wisma Jovan Kabupaten Bengkayang, Senin (04/04/2022).

Advertiser
Image
Banner Ads

Maria Lestari mengatakan Pemerintah juga harus memastikan produksi pangan terus ditingkatkan untuk mendukung kesejahteraan rakyatnya.

Baca juga: Sosialisasi Empat Pilar, Maria Lestari Ajak Petani Mempawah Tingkatkan Ketahanan Pangan

Baca juga: Maria Lestari Ajak Masyarakat Ikut GEMARI Untuk Mencegah Tingginya Angka Stunting

“Terlebih sektor Pertanian adalah sektor krusial bagi kelangsungan suatu negara. Dan untuk itu semua pihak perlu melihat potensi sektor pertanian yang sampai sekarang masih belum terangkat,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut Maria Lestari, bisa dilihat dari penghasilan petani yang masih jauh pendapatan secara ekonomi. Justru penghasilannya di bawah upah Minimum provinsi/regional (UMP) atau kabupaten/kota (UMR/UMK).

Baca juga: Maria Lestari Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama GMNI dan PMKRI Pontianak

Baca juga: Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Maria Lestari: Indonesia adalah Rumah Besar

Selain itu, menurut Maria Lestari pada kegiatan Empat Pilar Kebangsaan ini penting dipahami dan ditanamkan kepada seluruh generasi bangsa Indonesia.

“Agar kehidupan berbangsa semakin kokoh, serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap DPR RI Dapil Kalbar Satu itu.

Baca juga: Maria Lestari Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Landak

Baca juga: Maria lestari Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI di Bengkayang, Ini Pesannya ke Masyarakat

Legislator cantik itu juga menegaskan bahwa Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi penting karena ada tanggungjawab bersama.

“Untuk membentengi para remaja atau generasi muda kita dengan nilai-nilai Pancasila yang diwariskan oleh para pendiri bangsa,” pungkas Maria Lestari.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP