News

Veddriq Leonardo Asal Pontianak Lolos ke Olimpiade Usai Raih Medali Emas, Ketum KONI Pontianak Berikan Apresiasi 

112
×

Veddriq Leonardo Asal Pontianak Lolos ke Olimpiade Usai Raih Medali Emas, Ketum KONI Pontianak Berikan Apresiasi 

Sebarkan artikel ini
Veddriq Leonardo Asal Pontianak Lolos ke Olimpiade Usai Raih Medali Emas, Ketum KONI Pontianak Berikan Apresiasi 
Veddriq Leonardo Asal Pontianak Lolos ke Olimpiade Usai Raih Medali Emas, Ketum KONI Pontianak Berikan Apresiasi. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU ID – Atlet Panjat Tebing Speed Putra Indonesia yang berasal dari Kota Pontianak, Veddriq Leonardo, memastikan diri lolos dan akan bertanding di Arena Olimpiade Paris Tahun 2024.

Kepastian tampilnya Vedrriq, yang juga pernah mempersembahkan Medali Emas untuk Kalimantan Barat (Kalbar) pada ajang Pekan Olahraga NAsinal (PON) XX tahun 2021 di Papua, usai berhasil meraih Medali Emas pada Kejuaraan IFSC Climbing Olimpic Qualifier di Shanghai, China, yang merupakan sesi kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Advertiser
Image
Banner Ads

“Alhmdulillah. Selamat dan sukses untuk Veddriq Leonardo. Buda’ Pontiaak memang Bala’. Semoga ke depan,s aat tampil di Olimpiade Paris 2024, Veddriq juga bisa mempersembahkan medali emas,” kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Kota Pontianak, H. Nanang Setiabudi, saat dihubungi suarapemredkalbar, Minggu, 19 Mei 2024.

Menurut Pak Haji Nanang, selama ini Veddriq selalu menjadi trendsetter atau pioneer bagi pembinaan prestasi olahraga di Kota Pontianak secara khusus dan Kalimantan Barat (Kalbar) pada umumnya.

Ia pun berharap, agar prestasi yang Veddriq torehkan, akan semakin memotivasi atlet-atlet muda lain di Kota Pontianak, untuk terus meningkatkan latihan dan kemampuan menuju ajang yang lebih tinggi.

“Momentnya sangat tepat, di mana saat ini 55 Atlet Kota Pontianak sedang melaksanakan Pelatda Mandiri dalam rangka persiapan ke PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumut. Semoga para atlet yang mengikuti Pelatda Mandiri yang disupport langsung oleh KONI Kota dan Pemkot Pontianak, bisa semakin bersemangat dan nantinya meraih medali emas, serta bisa mengikuti jejak Veddriq Leonardo,” ujarnya.

Sebelumnya, Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Leonardo, sudah dapat dipastikan lolos dan tampil di Olimpiade 2024, usai memenangi Olympic Qualifier Series Shanghai 2024.

Kejuaraan ini menjadi ajang terakhir kedua kualifikasi Olimpiade 2024, di mana nanti yang terakhir akan berlangung pada 20-23 Juni 2024 di Budapest, Hungaria pada IFSC Climbing Olimpic Qualifier.

Veddriq membukukan waktu tercepat 4,83 detik untuk mengalahkan pesaingnya sekaligus wakil tuan rumah, Wu Peng, yang cuma mampu mencatatkan 4,88 detik atau selisih 0,05 detik.

Catatan waktu tersebut sekaligus membuat Veddriq semakin dekat dengan rekor dunia yang diciptakan oleh atlet asal Amerika Serikat, Samuel Watson, yakni 4,79 detik pada gelaran Seri IFSC World Cup Wujiang 2024.

Olimpiade Musim Panas 2024 secara resmi bernama Games of the XXXIII Olympiad dan secara umum disebut Olimpiade Paris 2024
“Selamat untuk Veddriq Leonardo peraih medali emas di kategori speed dengan catatan waktu 4.83 detik,” demikian keterangan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sebagaimana dipantau melalui akun instagram: #fpti_official di Jakarta, Sabtu, 18 Mei 2024.

Pada kejuaraan ini, Veddriq Leonardo berhasil mengungguli lawan asal Tiongkok, Wu Peng yang finis di peringkat kedua dengan catatan waktu 4,88 detik atau hanya berselisih waktu 0,05 detik.

Persaingan ketat antara kedua atlet mulai muncul pada babak sebelumnya dengan catatan waktu Veddriq 4,95 detik (peringkat dua), sedangkan Wu Peng finis di peringkat satu dengan catatan waktu 4,94 detik.

Kemudian, Veddriq pun berhasil memperbaiki performa pada babak selanjutnya hingga mengungguli tuan rumah dengan finis pada peringkat satu.

FPTI melaporkan, selain Veddriq, prestasi gemilang juga berhasil ditorehkan atlet speed putri Rajiah Salsabillah yang meraih medali perak dengan catatan waktu 6,75 detik.

Sebelumnya, Sekjen FPTI Herry Heryawan mengatakan, kejuaraan panjat tebing seri Shanghai masuk dalam sesi kualifikasi Olimpiade sehingga pemenang podium akan secara otomatis masuk dalam daftar atlet yang akan bertarung pada Olimpiade Paris.

Dengan raihan medali pada ajang Kejuaraan IFSC Climbing Olimpic Qualifier di Shanghai, China, maka FPTI memastikan sudah ada tambahan atlet ke ajang Olimpiade Paris di Perancis, yang akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Saat ini, sudah dua atlet panjat tebing yang telah mengantongi tiket berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia di Paris yaitu Desak Made Rita Kusuma Dewi nomor speed putri dan Rahmat Adi Mulyono pada nomor speed putra. L

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP