Tetap Produktif di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Tetap Produktif di Masa Pandemi
Imanah (Pegiat Sosial)

KALBARSATU.ID – Pandemi sedang melanda negeri ini dapat melumpuhkan mesin prdoduktivitas manusia pada umumnya yang biasanya melakukan aktivitas tanpa jeda.

Hari ini, akvitas terbatasi.
Sejak di tetapkannya peraturan pemerintah, Hampir tiga bulan untuk tinggal di rumah saja, atau yang lebih populernya stay ta home. Bagi orang yang sudah terbiasa dengan mobilitas tingginya diluar, namun tiba-tiba harus stay ay home . ini menjadi perkara yang tidak mudah. Dalam menjalaninya, akan menemukan persolan-persolan yang sedemikian rumit.

Bacaan Lainnya

Salah satu persolan yang akan ditemuai adalah perasaan bosan dan jenuh atau borring.
Di masa pandemic ini, bukan sutau alasan menjadikan kita untuk tidak dapat berbuat dan tetap produktif. Sehingga kreatifiatas dan produktivitas menjadi lumpuh. Dengan alasan tetap dirumah saja.

Sering kita jumpai, di akun-akun media social di penuhi oleh keluahan-keluahan perasaan bosan karena tidak ada aktivitas lian, selain rebahan dan nonton filem-filem drama korea.

Untuk menghindari suatu kondisi yang membosankan semacam itu, tentu dapat di siasati dengan melatih kreatifitas serta tetap produktif, karena hari ini kita hidup pada kondisi yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Yang artinya, kita tetap bisa produktif walaupun dirumah saja. Adapun bebrapa trik yang bisa diikuti adalah:

  1. Mengikuti pelatihan-pelatihan online
    Jadi lah pengguna sosmed yang pintar, sehingga kita dapat memanfaatkan waktu luang ini untuk mengikti pelatihan-pelatihan secara online melalui Watshap Grup. Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan semacam ini, bukan hanya ilmu yang akan kita dapatkan. Melainkan teman baru dan silaturahmi dapat terjalin. Bukan kah suatu kebanggan dapat teman baru dari berbagi daerah yang tersebar di penjuru Nusantara.
  2. Mengiktu diskusi-diskusi online.
    Pasca adanya penetapan covid 19 ini, banyak sekali kita temui diskusi-diskusi online yang dilaksankan. Baik secara WAG, Live streming Facebook, Instagram ataupun melalui meeting zoom. Diskusi-diskusi inipun banyak diadakan dengan sekala nasional. Dengan demikian wawasan kita akan semakin meluas dan otakpun akan mendapatkan nutrisi tambahan.
  3. Membaca buku
    Biasanya, pada hari tertentu kita tidak sempat menuntaskan buku-buku bacaan dirumah. dikarenakan tingginya mobilitas di luar rumah. Nah, pada kondisi saat ini. Kita dapat menuntaskan buku-buku bacaan yang sempat tertunda yang tersusun rapi di rak-rak buku rumah.
  4. Bercocok tanam dipekarangan rumah
    Hal paling gampang dilakukan untuk mengusir rasa bosan selama mejalani anjuran stay at home, kita dapat belajar bercocok tanam memanfaatkan pekarangan rumah. Atau belajar bercocok tanam dengan menggunakan media-meida yang ada dirumah Dengan demikian kita akan bergerak menghasilkan keringat, tubuhpun menjadi sehat. Hal ini pun sejalan dengan anjuran pemerintah untuk menjaga stamina tubuh untuk tetap sehat.
  5. Quality Time
    Hikmah itu tetap ada dalam kondisi apapun, disadari atau tidak, adanya anjuran untuk tetap di rumah saja dapat digunakan Quality time bareng keluarga. Jika selama ini kita sangat terbatas waktu dengan keluarga. Pada saat ini kita dapat menikmati Qulaity time 24 jam bersama keluarga dirumah saja. Jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya yang sangat kesulitan untuk quality time bareng keluarga.

Jadi, Ini lah tip-tips dari penulis yang dapat dilakukan selama adanya Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, agar tetap produktif dan kreatif. Sembari kita tetap berdo’a agar kondisi ini kembali membaik sehingga kita dapat melakukan aktivitas secara normal seperti biasanya.

Edaran untuk terus dirumah,membuat kita bosa, dan boring karena tidak dapat beraktivitas. Padahal jika kita mau, kita dapat memanfaatkan momen ini untuk berbuat, atau meng exolor kemampuan dengan cara-cara yang bermanfaat. Misalnya.

Penulis: Imanah (Pengiat Sosial)

Pos terkait