Maria Lestari Komitmen Sejahterakan Petani Kalbar

  • Whatsapp
Maria Lestari
Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari

KUBU RAYA, KALBARSATU.ID – Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam upaya memenuhi komitmen tersebut, legislator dari fraksi PDI Perjuangan itu pun rutin menyalurkan bantuan dari beberapa kementerian dan lembaga yang menjadi mitra kerjanya di Komisi IV DPR.

Bacaan Lainnya

“Di tahun 2021, di Kubu Raya saya memberikan bantuan alsintan pasca panen, yakni berupa power thresser, power thresser multiguna, corn sheller mobile, traktor roda dua, pompa air, cultivator, dan handspayer.”

“Lalu, program P2L, bantuan bibit bawang merah, cabai, dan bibit produktif lain yang termasuk di program Kebun Bibit Rakyat,” kata Maria saat dijumpai di Balai Benih PDI Perjuangan Kalbar, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (3/3/2021).

“Di tahun kemarin, tidak hanya di Kubu Raya, di kabupaten lain pun saya salurkan bantuan alsintan, bibit sapi, kambing dan bantuan-bantuan lain dari kementerian yang jadi mitra saya di Komisi IV DPR,” sambungnya.

Sejak ditempatkan di Komisi IV pada tahun 2020 lalu, Maria Lestari memang gencar menyalurkan bantuan untuk para kelompok tani di Kalimantan Barat.

Bantuan yang rutin Ia salurkan antara lain berupa alat mesin pertanian (alsintan), pupuk, bibit, pengadaan Kebun Bibit Rakyat, dan pengadaan Unit Pengolah Pupuk Organik atau UPPO.

Maria mengatakan, sederet bantuan, terutama alsintan yang disalurkannya itu semata-mata demi membantu meningkatkan taraf hidup petani.

Ia berpendapat, penggunaan alsintan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kesejahteraan petani.

Penggunaan alsintan di banyak daerah dikatakan Maria terbukti mampu menekan biaya produksi petani. Di samping itu, alsintan juga dinilainya bisa memudahkan kerja petani serta menekan tingginya upah buruh tani.

“Bantuan-bantuan itu sangat bermanfaat sektor pertanian kita, terutama alat mesin pertanian atau alsintan.

Karena apa, alsintan yang canggih sudah terbukti dapat meringankan kerja para petani dan menekan biaya produksi. Sehingga, secara otomatis pendapatan mereka juga meningkat,” timpalnya.

Anggota DPR RI dari dapil Kalbar I itu menambahkan bahwa upayanya dalam meningkatkan kesejahteraan petani tidak akan terbatas hanya pada penyaluran bantuan semata.

Upaya lain, seperti menjalin sinergi dengan banyak pihak akan terus Ia lakukan demi mengakselerasi kesejahteraan para petani.

“Kalau hanya mengandalkan bantuan, saya kira tidak akan pernah cukup. Karenanya, kerja sama dengan banyak pihak akan terus saya lakukan selama itu tidak bertentangan dengan bidang yang saya urusi di Komisi IV DPR.

Pertemuan dengan Pak Gubernur Sutarmidji pada hari Senin (1/3) kemarin termasuk salah satu usaha yang saya lakukan untuk memajukan sektor pertanian kita,” pungkasnya. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan