Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
Terkini

15 Desa Wisata Percontohan di Kalbar

95
×

15 Desa Wisata Percontohan di Kalbar

Sebarkan artikel ini
15 Desa Wisata Percontohan di Kalbar
Foto hanya ilustrasi

PONTIANAK, KALBAR SATU – Dalam rangka menggali dan memajukan wisata daerah Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar menargetkan pembentukan 15 desa wisata percontohan.

“Saat ini, kami tengah menyiapkan pembentukan desa wisata di setiap kabupaten. Tahap awal, target 15 desa wisata dulu,” ujar Kadisporapar Provinsi Kalbar Windy Prihastari di Pontianak, dikutip dari Antara, Rabu, 2 Juni 2021.

Advertiser
Banner Ads

Ia menjelaskan konsep umum desa wisata yang akan dibentuk yakni menyasar budaya perdesaan sebagai kegiatan kepariwisataan. Kemudian, pariwisata yang digarap fokus pada sumber daya alam dan budaya lokal masyarakat.

“Pariwisata yang dihadirkan multidimensi yang terkait dengan atraksi alam dan hubungan wisatawan dan penduduk lokal. Penting juga hadirnya desa wisata sebagai sarana regenerasi ekonomi dan sosial masyarakat setempat,” jelas dia.

Berita Kalbar Lainnya : Tingkatkan Sinergisitas Pemkab Kubu Raya dengan TNI-Polri, Sujiwo Ajak Tanam Pohon

Ia menambahkan kegiatan kepariwisataan yang mengandalkan sumber daya alam dan budaya perdesaan sebagai bagian dari penghidupan masyarakat perdesaan.

“Hadirnya desa wisata berdampak pada penghidupan masyarakat perdesaan,” kata dia.

Ia menjelaskan desa wisata memperhatikan berbagai hal di antaranya norma, kesadaran bersama dan ideologi, memiliki pemimpin adat dan tokoh kunci yang mewariskan kearifan lokal, memiliki rasa kepemilikan bersama dan keinginan untuk memajukan komunitasnya

“Untuk manajemen, harus memiliki aturan untuk pengelolaan lingkungan, budaya dan pariwisata, memiliki mekanisme untuk mengelola sumber daya yang terkait dengan pariwisata, dan memiliki mekanisme distribusi sumber daya yang adil bagi anggotanya,” jelas dia.

Pihaknya juga akan menghadirkan pembelajaran untuk terus berbagi pengalaman dengan wisatawan, saling belajar dan membangun pemahaman tentang perbedaan cara hidup

“Wisatawan juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran tentang pelestarian sumber daya lokal untuk kepentingan bersama,” jelas dia.

Kalbar telah memiliki 584 destinasi wisata yang tersebar di 14 kabupaten dan kota. Pemerintah provinsi dan kabupaten terus berupaya menggali dan memaksimalkan potensi wisata tersebut.

Berita ini telah terbit dengan judul 15 Desa Wisata Percontohan di Kalbar

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita