Terkini

Bank Indonesia Resmi Tetapkan Tarif Transfer Antar Bank Rp 2.500 Sekarang

116
×

Bank Indonesia Resmi Tetapkan Tarif Transfer Antar Bank Rp 2.500 Sekarang

Sebarkan artikel ini
Bank Indonesia Resmi Tetapkan Tarif Transfer Antar Bank Rp 2.500 Sekarang
Bank Indonesia Resmi Tetapkan Tarif Transfer Antar Bank Rp 2.500 Sekarang

KALBAR SATU- Bank Indonesia Resmi Tetapkan Tarif Transfer Antar Bank Rp 2.500 Sekarang

Peraturan baru Transfer Antar Bank resmi rilis dengan nominal biaya sebesar Rp 2.500. Ketetapan tersebut sesuai dengan aturan baru yang resmi dirilis oleh Bank Indonesia.

Advertiser
Image
Banner Ads

Aturan Transfer Antar Bank sudah resmi dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) melalui ketetapan dan ketentuan dalam penyelenggaraan Bank Indonesia-Fast payment (BI-FAST) sebagaimana yang tercantum dalam pedoman untuk para calon peserta maupun peserta sistem tersebut.

Peraturan itu ada di dalam ketetapan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No. 23/25/PADG/2021 yang berisikan tentang Penyelenggaraan Bank Indonesia-Fast payment (BI-FAST) yang efektif berlaku sejak 12 November 2021.

“Penerbitan ketentuan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kesiapan dalam implementasi BI-FAST,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Gratis Biaya Transfer ke Bank Mana Pun, Inilah Caranya

Baca juga: Live Streaming MNCTV Daihatsu Indonesia Masters 2021 Gratis Nonton Indonesia vs Thailand, Indonesia vs Jepang

Bank Indonesia /BI-FAST merupakan salah satu infrastruktur sistem pembayaran BI untuk memfasilitasi pembayaran ritel sepanjang waktu (24/7) dan seketika (real time).

Dengan memakai sistem tersebut, biaya transfer antar bank kini menjadi lebih murah, yakni sebesar Rp 2.500 per transaksi.

“Peserta BI-FAST yang dimaksud adalah bank maupun Lembaga Selain Bank (LSB) dan pihak lainnya, sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan,” ungkap Erwin.

Ketetapan itu ada dalam cantuman PADG No. 23/25/PADG/2021 terdapat 26 poin yang membahas terkait peraturan pelaksanaan BI-FAST.

Di dalamnya menjelaskan bagaimana prinsip setelmen dana untuk masing-masing layanan pada BI-FAST yang dapat dilakukan oleh penyelenggara berdasarkan hasil perhitungan gross, setelmen dana bersifat final dan tidak dapat dibatalkan, dan dilakukan berdasarkan prinsip same day settlement.

Baca juga: RESMI! Transfer Antar Bank Murah Hanya 2.500, Ini Syarat dan Caranya

Baca juga: Link Baca Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 2 Episode 7, Info Tanggal Rilis dan Nonton Disini

Selanjutnya, syarat untuk menjadi peserta BI-FAST ialah, peserta harus menjadi nasabah Bank Indonesia dan berstatus aktif, artinya tidak sedang dalam proses likuidasi atau kepailitan, pimpinan calon peserta memiliki kredibilitas yang baik, memiliki kinerja keuangan yang baik, hingga memiliki sistem informasi yang andal.

Aturan lainnya dari penyelenggara sudah menyediakan fitur proxy address yang dapat digunakan oleh Peserta untuk memberikan layanan proxy address kepada nasabah peserta.

Fitur itu dapat dimanfaatkan untuk memproses validasi nasabah penerima, di mana terdiri dari nomor telepon genggam, alamat surat elektronik, dan atay identitas lain yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Adapun point penting lainnya juga mewajibkan bagi penyelenggara agar menyediakan fitur proactive risk manager yang dimanfaatkan untuk memitigasi risiko atas transaksi keuangan mencurigakan.

Itulah tadi informasi terkait Bank Indonesia Resmi Tetapkan Tarif Transfer Antar Bank Rp 2.500 Sekarang

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP