CARA Daftar PIP-KIP 2021 untuk SD, SMP, dan SMA: Syarat Daftar, Targetkan 17,9 Juta Siswa 2021

  • Whatsapp
CARA Daftar PIP-KIP untuk SD, SMP, dan SMA 2021 CEK Syarat Daftar 2021 Targetkan 17,9 Juta Siswa
CARA Daftar PIP-KIP untuk SD, SMP, dan SMA 2021 CEK Syarat Daftar 2021 Targetkan 17,9 Juta Siswa/ILUSTRASI

KALBR SATU – CARA Daftar PIP-KIP untuk SD, SMP dan SMA. Dilengkapi dengan syarat Daftar SD, SMP, SMA  yang Targetkan 17,9 Juta Siswa pada tahun 2021.

Melalui artikel ini anda bakal mendapatkan informasi mengenai Cara Daftar PIP-KIP untuk SD, SMP dan SMA. Dilengkapi dengan syarat Daftar SD, SMP, SMA  yang Targetkan 17,9 Juta Siswa pada tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Anda hanya perlu membaca hingga selesai artikel ini untuk mendapatkan informasi mengenai Cara Daftar PIP-KIP untuk SD, SMP dan SMA. Dan dilengkapi dengan syarat Daftar SD, SMP, SMA  yang Targetkan 17,9 Juta Siswa pada tahun 2021.

Diketahui, Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menargetkan 17,9 juta siswa penerima bantuan pembiayaan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) sekolah.

Terkait KIP Sekolah, dan juga KIP Kuliah Mendikbud menargetkan 1,095 juta mahasiswa, menjadi prioritas dalam program Merdeka Belajar di tahun 2021.

BACA JUGA PIP kemdikbud go id Login Cek Penerima PIP 2021

“Strategi transformasi yang begitu besar dan kerja yang tak kenal henti mungkin disalahartikan sebagai tidak fokusnya upaya transformasi. Namun, jika dipahami lebih dalam, semua yang dikerjakan Kemendikbud menyasar pada pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” papar Nadiem dalam taklimat media secara daring, awal Januari 2021 dikutip dari Kompas.com.

Manfaat KIP

Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Sekolah adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun).

BACA JUGA Cek Online Penerima BLT UMKM-Banpres 2021 Rp 1,2 Juta di eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Seperti diketahui, PIP merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

KIP Sekolah diprioritaskan untuk siswa:

1. Peserta Didik pemegang KIP.

2. Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

  • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
  • Peserta Didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera
  • Peserta Didik yang berstatus yatim piatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
  • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
  • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
  • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya

Pemerintah memberikan KIP d sebagai penanda/identitas penerima bantuan pendidikan PIP.

Diketahui, Kartu ini memberi jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan.

Sebagai informasi, bahwa setiap anak penerima bantuan pendidikan PIP hanya berhak mendapatkan 1 (satu) KIP.

Kemudian pada tahun 2020 sendiri, pemegang KIP Sekolah mendapatkan manfaat bantuan pembiayaan pendidikan berupa:

  1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000 per tahun.
  2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000 per tahun.
  3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000 per tahun.

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Berikut Cara cek penerima

Inilah langkah-langkah untuk mengetahui apakah siswa merupakan penerima bantuan KIP Sekolah atau belum:

1. Buka laman https://pip.kemdikbud.go.id/home

2. Masukan NISN

3. Masukkan tanggal lahir

4. Masukkan nama ibu kandung

5. Klik cari

Sekedar informasi, bahwa cara dapatkan Kartu Indonesia Pintar Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke sekolah.

Kemudian, bila siswa tersebut tidak memiliki KKS, orangtua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

Supaya bisa mendapatkan KIP, terdapat berkas yang perlu disiapkan, seperti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW setempat Rapor hasil belajar siswa Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah.

Penetapan Penerima PIP Dikdasmen berdasarkan ketentuan berikut:

1. Data Peserta Didik hasil pemadanan terkini antara Dapodik dan DTKS; dan/atau

2. Data Peserta Didik hasil pengolahan data usulan dari: dinas pendidikan provinsi. dinas pendidikan kabupaten/kota.

Kemudian usulan dari dinas pendidikan dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Satuan pendidikan mengusulkan calon penerima PIP Dikdasmen sesuai dengan persyaratan melalui Dapodik dengan memperbarui status kelayakan Peserta Didik sebagai penerima PIP Dikdasmen.
  2.  Dinas pendidikan provinsi dan dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan verifikasi dan mengusulkan calon penerima PIP Dikdasmen melalui Aplikasi SIPINTAR berdasarkan hasil verifikasi tersebut.

Untuk mendapatkan informasi terkait PIP, seperti cek penerima, pengaduan, penyaluran dapat diakses melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id/home

Pos terkait

Tinggalkan Balasan