Terkini

Cara dan Link Daftar PIP Kemdikbud Bantuan Siswa SD, SMP, dan SMA

144
×

Cara dan Link Daftar PIP Kemdikbud Bantuan Siswa SD, SMP, dan SMA

Sebarkan artikel ini
Cara dan Link Daftar PIP Kemdikbud Bantuan Siswa SD, SMP, dan SMA
Cara dan Link Daftar PIP Kemdikbud Bantuan Siswa SD, SMP, dan SMA/ILUSTRASI

KALBAR SATU – Cara dan link daftar PIP Kemdikbud untuk bantuan siswa SD, SMP, dan SMA.

Apa itu PIP Kemdikbud? Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah.

Advertiser
Image
Banner Ads

PIP Kemdikbud diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kemendikbudristek.

Adapun dana bantuan PIP sebesar Rp 450.000 untuk jenjang SD, Rp 750.000 untuk jenjang SMP, dan Rp 1 juta untuk jenjang SMA.

Nah untuk mendapat bantuan PIP Kemdikbud 2022, siswa harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial (DTKS Kemensos).

Baca juga: PIP kemdikbud go id Login Cek Penerima PIP 2021

Bila belum terdaftar, segera lakukan pengajuan dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Selain itu, siswa dapat menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Baca juga: Cek Online Penerima PIP 2021! Link pip kemdikbud go id Masuk NISN siswa, Segini Besaran Penerima PIP

Berikut Tata Cara Cek Daftar Penerima PIP Kemdikbud 2022

Pertama Buka laman pip.kemdikbud.go.id

Lalu, di bagian kotak pencarian penerima PIP Kemdikbud, isikan data NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung

Lalu, Klik tombol Cari

Berikut Tata Cara Daftar PIP Kemdikbud tanpa KIP dan KKS

Bila belum memiliki KIP dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), para siswa tetap berkesempatan menjadi penerima PIP Kemdikbud 2022.

Caranya sebagai berikut:

Bila belum punya KIP, bisa mendaftar dengan menggunakan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), ajukan ke lembaga pendidikan.

Bila siswa belum memiliki KKS, orang tua siswa mesti meminta SKTM atau Surat Keterangan tal Mampu dari RT, RW, kelurahan, atau desa.

Kemudian ajukan KKS milik orang tua siswa atau peserta didik tersebut untuk verifikasi data.

Supaya siswa terdaftar sebagai penerima PIP, data nama peserta didik, seperti NIK, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan jenis kelamin juga harus benar. Demikian pula dengan data NIK dan nama ayah, ibu, atau wali, serta data spasial tempat tinggal peserta didik.

Baca juga: Cek Penerima PIP Siswa SD-SMA/SMK Penerima Program Indonesia Pintar Login Pip kemdikbud go id, Masukkan NISN

Bila NIK dan data siswa lainnya tak sesuai dengan data di Dapodik dan Dukcapil, segera lakukan perbaikan data supaya lancar mendaftar dan menerima PIP.

Berikut Tata Cara Perbaikan Data untuk PIP

Pertama Buka laman https://nisn.data/kemdikbud.go.id

Kemudian Isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan nama ibu kandung sesuai data Dapodik, lalu klik kotak I’m not a robot, klik Cari Data

Selanjut Anda perlu melengkapi formulir verifikasi seperti isian Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), nama peserta didik, dan NIK.

Lalu cek NPSN sekolah yang sesuai Dapodikdi referensi.data.kemdikbud.go.id, dan NIK dan nama siswa harus sesuai data Dukcapil

Berikutnya Klik Lihat Data

Kemudian di halaman Verifikasi Data Peserta Didik, Klik tombol biru Profil untuk cek NISN, nama, tempat lahir, jenis kelamin, dan status aktif

Pada kolom halaman Verifikasi Data Peserta Didik, cek apakah NIK, nama, tepat lahir, tanggal lahir, dan jenis kelamin, sudah sesuai data Dukcapil

Kemudian jangan lupa cek apakah data NIK ibu, ayah atau wali beserta namanya sudah sesuai data Dukcapil. Jika tidak sesuai, cek kebenaran data ke Dukcapil

Selanjutnya, ajukan perbaikan data spasial tempat tinggal dengan memindahkan titik lokasi ke titik lokasi rumah sesuai alamat di Kartu Keluarga.

Kemudian Koordinat otomatis terisi. Beri tahu pihak sekolah tentang pemindahan titik lokasi ini

Lalu, klik tombol Klik di sini guna Validasi Data supaya sistem melakukan validasi data yang diisikan dengan data yang tercatat di Dukcapil.

Baca juga: Cek Penerima PIP Desember 2021 di Link pip.kemdikbud.go.id, dan Besaran Bantuan

Bila ada data yang tidak sesuai, segera lakukan perbaikan data ke Dukcapil. Bila semua data sudah sesuai, klik kotak persetujuan pengajuan perubahan data sesuai formulir

Kemudian Klik tombol Klik di Sini untuk Melakukan Pengajuan Perubahan Data

Nah pengajuan perbaikan dapat dipantau di halaman utama. Status diterima atau ditolak sekolah bersangkutan akan disampaikan beserta keterangan di kolom pengajuan.

Itulah cara daftar dan link daftar PIP Kemdikbud Bantuan Siswa SD, SMP, dan SMA.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP