Terkini

CEK DATA Bansos Tunai Rp 600 Ribu, Link cekbansos.kemensos.go.id, Siapkan KTP

×

CEK DATA Bansos Tunai Rp 600 Ribu, Link cekbansos.kemensos.go.id, Siapkan KTP

Sebarkan artikel ini
CEK DATA Bansos Tunai Rp 600 Ribu, Link cekbansos.kemensos.go.id, Siapkan KTP
CEK DATA Bansos Tunai Rp 600 Ribu, Link cekbansos.kemensos.go.id, Siapkan KTP (ILUSTRASI)

KALBAR SATU – Inilah cara mengecek penerima atau cek data Bansos Tunai Rp 600 ribu dan beras 10 kg, lengkap dengan panduan untuk mencairkan bantuan.

Adapun Bansos Tunai Rp 300 ribu bulan Mei dan Juni 2021 diberikan Rp 600 ribu sekaligus pada Juli 2021. Bantuan dengan indeks Rp 600 ribu disalurkan oleh PT Pos Indonesia.

Diketahui, Pemerintah mengalokasikan sebesar Rp 15,1 triliun untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penerima Bansos Tunai Rp 600 ribu juga akan mendapat tambahan beras sebanyak 10 kg.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) bermitra dengan Perum Bulog dalam penyaluran bantuan beras 10 kg. Jaringan Bulog yang menyalurkan beras 10 kg itu terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Cek Penerima Bantuan Sosial Bulan Juli 2021, Klik cekbansos.kemensos.go.id

Baca Juga: Cek Penerima Bansos BST dan PKH Cair, Login cekbansos.kemensos.go.id Pakai NIK KTP

Baca Juga: Menteri Keuangan RI Tambah Jumlah Penerima Bansos, Cek Penerima Bansos Disini

Baca Juga: Link Corona.jakarta.go.id, Cek Daftar Penerima Bansos BST Rp600.000 untuk Warga DKI Cair Juli 2021

Baca Juga: Daftar Bansos Cair Pekan Ini: BST, BLT Desa hingga Kartu Prakerja

CEK DATA Bansos Tunai Rp 600 Ribu via Link cekbansos.kemensos.go.id:

Cek Penerima Bansos Tunai

  1. Login ke laman cekbansos.kemensos.go.id;
  2. Lalu, Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan;
  3. Kemudian Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP;
  4. Masukkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode;
  5. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru;
  6. Lalu klik tombol cari data.

Sistem akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang diinput.

Cara Mencairkan di Kantor Pos

Dikutip dari Tribunnews.com, penerima bansos tunai wajib membawa KTP-el atau Kartu Keluarga (KK) yang asli serta surat undangan yang dibagikan. Penerima juga disarankan untuk membawa KTP dan KK yang telah di-fotocopy.

Biasanya, kantor pos memiliki jadwal tersendiri untuk pencairan bantuan agar menghindari kerumunan. Tetap jalankan protokol kesehatan ketika mencairkan bantuan.

Masyarakat penerima bantuan diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan. Perhatikan hari, tanggal, jam, dan lokasi penyaluran bantuan.

Setelah menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan, petugas akan men-scanbarcode pada surat undangan. Masyarakat akan langsung mendapat bansos tunai.

Petugas akan memfoto satu per satu penerima bansos lengkap dengan KK dan KTP sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah mencairkan bantuan tersebut. Tidak ada potongan apapun saat mencairkan bansos tunai di kantor pos.