Desa Dusun Kecil, Udang Ronggeng dan Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Desa Dusun Kecil, Udang Ronggeng dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Desa Dusun Kecil, Udang Ronggeng dan Manfaatnya untuk Kesehatan/ISTIMEWA

KALBARSATU.ID – Anda seorang penggemar udang ronggeng atau biasa juga disebut udang getak? Jika “iya” maka anda perlu mengunjungi salah satu Desa yang ada di Kecamatan Pulau Maya Kabupaten Pulau Maya, tepat di Desa Dusun Kecil. Desa Dusun Kecil yang terletak di Selat Malaya memiliki kekayaan yang luar biasa di bidang perikanan. Salah satu kekayaan yang dimiliki yakni udang ronggeng.

Sumber penghidupan Masyarakat Desa Dusun Kecil selain berkebun dan bertani sebagian besar juga bersumber dari bidang perikanan. Para nelayan sehari-hari pergi melaut untuk menangkap ikan dan udang. Hasil tangkapan dari laut mereka jual ke pengepul dan sebagian dikonsumsi sendiri.

Bacaan Lainnya

Jika anda penggemar ikan ronggeng, anda bisa langsung mengunjungi Desa tersebut untuk membeli langsung ke nelayan. Untuk mengunjungi desa Dusun Kecil harus menggunakan speed boot dari pelabuhan Telok Batang Kabupaten Utara.

Manfaat Udang Getak untuk Kesehatan

Dilansir dari harumsismamedika.com Udang ketak memiliki 6 manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi udang ketak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab di dalam udang ketak memiliki berbagai kandungan salah satunya kandungan asam lemak yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga mencegah terjadinya penggumpalan kepingan kepingan darah yang menyebabkan kesehatan jantung terganggu.

  1. Sebagai menu diet

Udang ketak ternyata bisa digunakan sebagai menu diet karena di dalam udang ketak memiliki kalori energi yang rendah sehingga baik dikonsumsi oleh seseorang yang ingin melakukan diet. Udang ketak juga merupakan salah satu rekomendasi makanan untuk seseorang yang sedang melakukan program diet.

  1. Memaksimalkan fungsi organ vital

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam gudang tetap bisa bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi organ organ vital yang terdapat di dalam tubuh. Fungsi organ organ vital yang terdapat di dalam tubuh yang sehat akan membantu untuk terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Untuk itu mengkonsumsi udang ketak akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

  1. Memenuhi kebutuhan protein

Kandungan manfaat protein yang terdapat di dalam udang ketak sangat mudah diserap oleh tubuh, sehingga udang ketak bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan protein di dalam tubuh. Kebutuhan protein yang tercukupi akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mencegah penyakit darah rendah

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi udang ketak adalah udang ketak bisa mencegah terjadinya penyakit darah rendah. Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat di dalam udang ketak berperan dalam pembentukan sel darah merah sehingga membantu untuk memenuhi kebutuhan sel darah yang terdapat di dalam tubuh kita. Dengan terpenuhinya kebutuhan sel darah yang ada dalam tubuh kita maka kita akan terhindar dari penyakit darah rendah atau anemia.

  1. Menjaga kesehatan mata

Selain digunakan untuk mengatasi penyakit darah rendah atau anemia ternyata kandungan yang terdapat di dalam udang ketak juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Untuk itu dengan mengkonsumsi udang ketak maka Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena kesehatan mata terganggu.(Zub)

Pos terkait