Terkini

Hardiknas 2023, Niken Dorong Orang Tua Lebih Perhatian terhadap Studi Anak

118
×

Hardiknas 2023, Niken Dorong Orang Tua Lebih Perhatian terhadap Studi Anak

Sebarkan artikel ini
Niken Kalbar
Niken Tia Tantina, Anggota DPRD Kalbar Fraksi PDI Perjuangan.

KALBAR SATU, TERKINI – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalimantan Barat Niken Tia Tantina menyampaikan apresiasi kepada para pendidik di momen peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2023.

Menurut Niken, tenaga pendidik di tanah air merupakan insan yang tak pernah lelah mengalirkan inspirasi kepada anak-anak didiknya.

Advertiser
Image
Banner Ads

“Kepada seluruh tenaga pendidik di tanah air yang tak pernah letih mengalirkan inspirasi dan menghidupkan api semangat setiap insan yang dididiknya, saya menyampaikan rasa hormat mendalam. Terima kasih telah mendidik anak bangsa menjadi lebih berkarakter dan memberikan manfaat bagi lingkungannya,” ucap Niken di Pontianak, Selasa (2/5/2023).

Niken di momen peringatan Hardiknas 2023 ini turut menyampaikan pendapatnya soal pendidikan yang dinilainya sebagai urusan dan tanggung jawab bersama. Memajukan pendidikan, kata dia, bukan hanya tugas sekolah atau lembaga pendidikan, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat.

Mengingat pendidikan menjadi tugas bersama, dirinya pun mendorong para orang tua untuk membantu pendidikan anak-anaknya dengan ikut memberikan pendampingan ketika belajar di rumah.

Pendampingan yang diharapkannya pun tidak sebatas pada aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter.

“Keberadaan anak di sekolah sangat terbatas, berbanding terbalik dengan waktu yang dihabiskan anak di rumah bersama orang tua. Karenanya, sudah sepatutnya orang tua lebih peka terhadap anak dengan memberikan pendampingan saat mereka belajar dan tentu saja membekalinya dengan pendidikan karakter,” tutur Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPD PDI Perjuangan Kalbar tersebut.

Legislator perempuan dari daerah pemilihan Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang ini juga turut menyinggung kondisi infrastruktur pendidikan di Kalimantan Barat yang dinilainya belum mendapat perhatian yang terlalu serius dari Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Dirinya pun menyayangkan ketidakseriusan Sutarmidji terhadap hal itu padahal pendidikan disebutnya merupakan faktor penting dalam peningkatan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Saya berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat khususnya kepada Bapak Gubernur agar lebih serius untuk memikirkan peningkatan IPM, salah satunya dengan memperbaiki sistem dan infrastruktur dunia pendidikan. Hanya dengan sistem dan infrastruktur pendidikan yang baiklah yang mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks,” pungkasnya.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP