Harlan: Rencana Kebijakan PSBB Harus dipertimbangan

  • Whatsapp
Pengamat Sosial, dan Akademisi Ilmu Sosial dan Politik Untan Pontianak Dr. Herlan, S.Sos, M.Si

KALBARSATU.ID – Pengamat Sosial, dan Akademisi Ilmu Sosial dan Politik Untan Pontianak Dr. Herlan, S.Sos, M.Si merespon wacana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diberlakukan oleh Pemda Kalbar maupun Pemkot Pontianak.

Menurutnya, jika PSBB diberlakukan guna mencegah Covid 19, Pemda Kalbar maupun Pemkot Pontianak harus memperhatikan kebutuhan hidup masyarakat.

“Kalau seandainya anggaran APBD Kota ini besar dan mampu memberikan bantuan kepada warga per KK,  silahkan. Rencana kebijakan PSBB itu harus dipertimbangan,” sebutnya kepada awak media, Jumat (17/4/2020).

Berdasarkan pengamatannya, memang akibat penyebaran Covid 19 telah berdampak buruk terhadap ekonomi. Setelah itu, dampak berantai lainnya ialah akan meningkatnya kejahatan.

“Aktivitas ekonomi runtuh. Oleh karena itu kita sama-sama menjaga. Karena bila tidak, maka tindak kejahatan akan meningkat. Jika hal itu tidak diikuti kebijakan pemerintah terkait mereka yang dirumahkan, dan usahanya tidak berjalan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, program PSBB itu bagus dalam rangka mengantisipasi hal-hal negatif yang tidak bisa saya sebutkan secara jelas. Tapi juga harus mempehatikan dampak beruk berlakuan kebijakan itu.

Menurutnya, jika Pemerintah memutuskan untuk menerapkan PSBB, maka harus menyiapkan sanksi. Namun sebelum menyiapkan sanksi, kompensasi juga harus disiapkan.

“Kalau PSBB sudah diberlakukan, warga yang melanggar bisa diberi sanksi, kalau saat ini belum boleh, karena pemerintah masih belum bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat,” terangnya.(Zb)

Tinggalkan Balasan