Hildi Hamid Kunjungi Produk Mebel Asal Indonesia di Pasar Azerbaijan

  • Whatsapp
Hildi Hamid Pasar Azerbaijan
Dubes RI untuk Azerbaijan, H. Hildi Hamid saat melihat langsung produk mebel asal Indonesia di pasar Azerbaijan,- FOTO/KBRI Baku

INTERNASIONAL, KALBARSATU.ID – Di tengah situasi pandemi COVID-19, KBRI Baku terus melakukan kegiatan diplomasi ekonomi dengan berupaya mencari peluang peningkatan ekspor produk Indonesia ke Azerbaijan dan juga negara sekitarnya.

Salah satu upaya tersebut adalah melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan pemasok mebel terbesar di pasar Azerbaijan dan perusahaan yang menjual mebel made in Indonesia yaitu Perusahaan Wisanka. Jumat, 12 Maret 2021.

Dalam kunjungan tersebut, Duta Besar RI, Hildi Hamid bersama Fungsi Ekonomi secara langsung melihat produk-produk mebel yang berasal dari Indonesia sekaligus melakukan pertemuan dengan Mr. Eldaniz, selaku CEO Wisanka.

Perusahaan Wisanka telah melakukan ekspor mebel dari Indonesia sejak tahun 2000, atau sekitar 20 tahun yang lalu, dimana Mr. Eldaniz sendiri melakukan kunjungan langsung ke berbagai kota produsen mebel seperti di Boyolali, Cirebon, Bali, Tulung Agung, Jepara, dsb untuk mencari berbagai macam produk.

Produk yang dibeli dari Indonesia cukup bervariatif, mulai dari kursi, meja, lemari, hingga aksesoris. Berbagai produk tersebut tidak hanya dijual ke Azerbaijan, namun ternyata juga dipasarkan ke negara sekitarnya seperti Kazakhstan dan Rusia.

Adapun volume impor barang mebel yang dilakukan perusahaan Wisanka berjumlah antara 3–5 kontainer ukuran 40 kubik pertahun.

Barang-barang tersebut dibawa melalui jalur laut ke Azerbaijan. Selain Azerbaijan, pangsa pasar terbesar mebel Perusahaan Wisanka juga berasal dari Rusia dimana minat para konsumen cukup besar dan besar dan memiliki daya beli yang cukup tinggi.

Perusahaan Wisanka sendiri merupakan salah satu pemain besar dalam pasar mebel Azerbaijan. Perusahaan tersebut telah menjadi pemasok kebutuhan mebel untuk sejumlah hotel, restoran, bahkan untuk mebel istana Presiden Ilham Aliyev.

Mebel yang dipasok dari Indonesia tersebut telah disesuaikan model dan ukurannya dengan kebutuhan konsumen di Azerbaijan.

Tinggalkan Balasan