Lasarus Puji Langkah Sutarmidji Tangani Korona di Kalbar

  • Whatsapp
Lasarus ketua DPD PDIP Kalbar sekaligus ketua Komisi V DPR RI (ist)

KALBARSATU.ID – Anggota DPR RI dapil Kalimantan Barat II Lasarus menyampaikan dukungannya kepada Gubernur Kalbar Sutarmidji dalam menangani wabah korona di wilayah Kalimantan Barat. Tak sekadar mendukung, Ketua Komisi V DPR itu bahkan juga memberi apresiasi atas langkah-langkah yang diambil oleh orang nomor satu di Kalbar tersebut.

Lasarus menilai, sejumlah kebijakan yang dikeluarkan Sutarmidji selama pandemi korona sudah sangat tepat. Di antaranya menutup jalur masuk dari Malaysia, mendorong penerapan pembatasan fisik dengan melibatkan TNI dan Polri, menyalurkan bantuan beras kepada warga miskin, menunda ibadah sembahyang kubur, dan menetapkan orang yang datang ke Kalbar sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

“Saya kira langkah-langkah yang sudah diambil Pak Gubernur, Pak Sutarmidji dalam melindungi warganya dari paparan virus korona sudah tepat, ya. Apa-apa yang diputuskan beliau seperti pembagian beras, penerapan physical distancing dan lain-lain itu saya kira sudah cukup efektif,” ujar Lasarus ketika diwawancarai di Pontianak, Senin (20/4/2020).

Kebijakan Sutarmidji yang juga menuai apresiasi Lasarus ialah realokasi anggaran tahun 2020 sebesar Rp295 milyar. Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar tersebut, realokasi anggaran untuk penanganan pandemi korona memang sudah sepatutnya dilakukan guna mencegah meluasnya wabah.

Terkait realokasi anggaran untuk penanganan wabah korona, selaku Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus juga memastikan bahwa fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Kalbar akan terus memberikan persetujuan. Namun kata dia, persetujuan dari fraksi PDI Perjuangan itu tentu harus dibayar dengan kepastian bahwasanya dana yang direalokasi harus benar-benar diprioritaskan untuk menangani pandemi dan mengurangi dampak yang ditimbulkan akibatnya.

“Catatan pentingnya adalah jangan sampai dana yang sudah direalokasi malah tidak sesuai peruntukan, seperti pemberian bantuan yang tidak tepat sasaran dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPR RI tiga periode itu juga mendorong Gubernur Kalbar agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan selama pandemi korona. Selama keputusan itu benar-benar untuk penanganan wabah, kata Lasarus, dirinya siap memberi dukungan.(Njb)

Gerindra Kalbar