Link Pendaftaran Program Magang Nasional 2025 Kemnaker Gaji Rp 3,3 juta

Link Pendaftaran Program Magang Nasional 2025 Kemnaker Gaji Rp 3,3 juta
Link Pendaftaran Program Magang Nasional 2025 Kemnaker Gaji Rp 3,3 juta. Foto/istimewa.

KALBAR SATU ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) resmi membuka Program Magang Nasional 2025 pada Selasa (7/10/2025). Program ini ditujukan bagi 20.000 fresh graduate lulusan diploma dan sarjana, dengan insentif hingga Rp 3,3 juta per bulan selama enam bulan masa magang.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, mengatakan program ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan perguruan tinggi agar lebih siap memasuki dunia kerja.

Bacaan Lainnya

“Nanti kita salurkan melalui perusahaan-perusahaan yang siap menerima, dan negara akan memberikan insentif selama 6 bulan sebesar UMK, jadi Rp 3,3 juta maksimal,” ujar Afriansyah saat ditemui di Jakarta, Senin (6/10/2025).

Tahap pertama program ini menggandeng 500 perusahaan dari berbagai sektor di seluruh Indonesia. Jika tahap pertama berjalan sukses, kuota peserta akan ditingkatkan hingga 80.000 orang pada tahap berikutnya.

Baca juga:

Pendaftaran dan pengelolaan magang dilakukan secara daring melalui akun SIAPKerja di maganghub.kemnaker.go.id. Data peserta akan diverifikasi dan disesuaikan dengan database Kementerian Diktisaintek.

Jadwal Pendaftaran Program Magang Nasional 2025:

1–7 Oktober 2025: Pendaftaran penyelenggara dan jumlah lowongan

7–12 Oktober 2025: Pendaftaran peserta dan pemilihan lowongan

13–14 Oktober 2025: Seleksi oleh perusahaan dan pengumuman hasil

15 Oktober 2025 – 15 April 2026: Penyelenggaraan program magang

Persyaratan Peserta:

Sesuai Permenaker No. 8 Tahun 2025, peserta wajib memenuhi kriteria berikut:

-Warga Negara Indonesia dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK);

-Lulusan diploma atau sarjana maksimal 1 tahun sejak tanggal ijazah;

-Berasal dari perguruan tinggi terdaftar di kementerian yang membidangi pendidikan tinggi dan ilmu pengetahuan.

Ketentuan Pendaftaran:

-Pendaftaran melalui siapkerja.kemnaker.go.id;

-Validasi data dilakukan oleh tim pelaksana dan kementerian/lembaga terkait;

-Peserta yang lolos validasi dapat mengikuti proses rekrutmen oleh perusahaan penyelenggara.

Ikuti GOOGLE NEWS atau Join Channel TELEGRAM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan