Terkini

Listrik Gratis Resmi Diperpanjang 2021, Ikuti Petunjuk Klaim Layanan PLN Buka www.pln.co.id

2
Listrik Gratis Resmi Diperpanjang 2021, Ikuti Petunjuk Klaim Layanan PLN Buka www.pln.co.id/tangkap layar

KALBARSATU.ID – Bantuan listrik resmi diperpanjang oleh pemerintah untuk periode Januari hingga Maret 2021.

Semua pelanggan PLN pada 2020 secara otomati akan kembali menerima bantuan subsidi listrik gratis dan diskon 50 persen pada 2021.

Advertiser
Banner Ads

Program stimulus PLN berupa listrik gratis ini sementara dilakukan 3 bulan (Januari-Maret) di tahun 2021.

Persis dengan tahun 2020, listrik gratis diberikan kepada pelanggan PLN Subisidi 450 VA dan 900 Va prabayar maupun pasca bayar.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN Bob Saril menyatakan penyaluran program stimulus sudah siap dilakukan.

“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan.”

“Kami optimistis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN, Bob Saril, dikutip dari Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

Untuk pelanggan pasca bayar bantuan Listrik gratis akan langsung masuk ke rekening tagihan masing-masing.

Sementara untuk pelanggan prabayar bisa diklaim melalui website PLN atau Chat PLN.

Bantuan listrik tersebut sudah bisa diklaim mulai 7 Januari 2022.

Berikut cara klaim listrik gratis

Via Website PLN

  1. Buka layanan PLN www.pln.co.id atau bisa langsung ke https://stimulus.pln.co.id/
  2. Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia serta kode captcha semuanya harus dengan benar.
  3. Klik tombol cari maka token listrik gratis akan muncul di layar.
  4. Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan.

Melalui Chat WhatsApp

  1. Buka WhatsApp PLN Ketik ‘halo’ dan kirimkan sebagai pesan.
  2. Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN yang berbunyi seperti berikut ini.

“Halo Electrizen

Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19.

Ketik 2 untuk Baca Meteran Mandiri pemakaian listrik (Pascabayar)

Hotline PLN (Kode Area) 123″

  1. Langsung ketik 1.

Muncul balasan “Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Basis Data Terpadu TNP2K)”

Masukkan ID Pelanggan / Nomor meter anda

  1. Ketikkan ID Pelanggan kirim maka akan muncul token gratis PLN dalam balasan.
  2. Token gratis PLN sudah bisa digunakan.

Melalui Aplikasi PLN Mobile

  1. Buka Aplikasi PLN Mobile (download di Play Store atau App Store)
  2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.
  3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

4.Token gratis akan muncul.

Masukkan Token Listrik

Setelah memperoleh token, langkah selanjutkanya ialah mengisi nomor token listrik ke meteran sesuai ID Pelanggan masing-masing.

Berikut petunjuknya:

  1. Tekan nomor token listrik yang kamu dapatkan
  2. Setelah semua nomor ditekan, lanjutkan dengan memencet tanda enter yang terletak di bawah sebelah kanan.
  3. Jika muncul tulisan “Benar” maka kamu sudah berhasil
  4. Jika muncul tulisan “Salah” maka ulangi lagi memasukkan nomor dengan teliti.

Nantinya, jika kamu sudah benar memasukkan nomor token, maka saldo yang ada otomatis akan bertambah.

Cara Bedakan Kode Pelanggan Subsidi dan Non-Subsidi

Subsidi: Dapat Listrik Gratis

 R1/900VA

Non Subsidi: Tidak Dapat Listrik Gratis

R1M/900VA 

Dapat Listrik Gratis 100 persen:

  1. R1/450 VA (Gratis)
  2. R1T/450 VA (Gratis)

Dapat Listrik Gratis 50 Persen

  1. R1/900 VA (Diskon)
  2. R1T/900 VA (Diskon)
Exit mobile version